25 radar bogor

Gelar Donor Darah, RS Karya Bhakti Pratiwi Kumpulkan 66 Kantong Darah

Gelar Donor Darah, RS Karya Bhakti Pratiwi Kumpulkan 44 Kantong Darah
Gelar Donor Darah, RS Karya Bhakti Pratiwi Kumpulkan 44 Kantong Darah

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 66 kantong darah berhasil terkumpul dari gelaran donor darah di RS Karya Bhakti Pratiwi (KBP), Kamis (13/1). Acara tersebut dalam rangka HUT RS KBP.

Baca juga: Rayakan HUT ke-8, RS Karya Bhakti Pratiwi Gelar Donor Darah

Ketua Panitia Donor Darah, Demas Herdiana Sadat mengakui, gelaran donor darah berlangsung sejak pagi. Direktur RS KBP dr Tiningsih Hardiani membuka acara tersebut. Bahkan, ia pun ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya.

“Kita sekaligus mengenalkan lagi kepada masyarakat, khususnya karyawan juga bahwa donor darah itu keren dan sehat. Tidak seperti yang ditakutkan selama ini. Justru darah yang kita sumbangkan bisa membantu orang lain,” terangnya kepada Radar Bogor, Kamis (13/1).

Acara bertajuk Setetes Darahku Bukti Sentuhan Kasih Sayang itu diikuti oleh para karyawan dan masyarakat umum. Sekira 85 peserta terdaftar untuk mendonorkan darahnya dalam acara tersebut.

Akan tetapi, kata Demas, mereka masih harus menjalani proses screening. Mulai dari pemeriksaan tekanan darah, hemogblobin, hingga vaksinasi. Oleh karena itu, tidak semua peserta yang berhasil menyumbangkan darahnya.

Antusiasme karyawan dan masyarakat umum dalam mendonorkan darahnya sangat tinggi. Ia sangat mengapresiasi hal itu.

Dengan demikian, pihaknya juga bisa membantu kebutuhan stok darah di PMI, yang nantinya akan disalurkan untuk RS-RS yang membutuhkan.

“Jadi, hasil dari donor darah ini bukan untuk stok RS Karya Bhakti. Akan tetapi, disalurkan ke PMI dan nanti mereka yang mendistribusikan untuk RS yang membutuhkan. Karena memang saat ini kebutuhan darah sangat penting,” tandasnya. (mam)

Editor: Rany