25 radar bogor

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, YPA-MDR Laksanakan Program Kampus Mengajar

YPA-MDR
YPA-MDR melaksanakan program Kampus Mengajar Kemitraan dengan sasaran sekolah-sekolah binaan di Kecamatan Takari dan Amarasi Selatan, Kupang, Nusa Tenggara Timur.
YPA-MDR
YPA-MDR melaksanakan program Kampus Mengajar Kemitraan dengan sasaran sekolah-sekolah binaan di Kecamatan Takari dan Amarasi Selatan, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

JAKARTA–RADAR BOGOR, Mengawali tahun 2022, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim atau YPA-MDR melaksanakan program Kampus Mengajar Kemitraan dengan sasaran sekolah-sekolah binaan di Kecamatan Takari dan Amarasi Selatan, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga : Nadiem Minta Perguruan Tinggi Manfaatkan Kampus Merdeka

Program yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi ini merupakan implementasi, pengembangan dan mendukung program besar pemerintah “Merdeka Belajar – Kampus Mengajar (MB-KM)” dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di daerah.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan program Kampus Mengajar Kemitraan ini bekerjasama dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan diikuti oleh 13 mahasiswa tingkat akhir yang akan bertugas di sekolah binaan.

Dalam Program Kampus Mengajar Kemitraan Batch 1 ini telah dilakukan serah terima oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang melalui Bupati Kabupaten Kupang Korinus Masneno dan para peserta yang akan ditugaskan di 13 sekolah binaan yang terdiri dari 9 SD dan 4 SMP, selama 4 bulan, yaitu Januari – April 2022,  disusul dengan Batch 2 pada Mei – Agustus dan Batch 3 pada September – Desember.

“Para peserta Kampus Mengajar Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi mitra sekolah binaan serta bekerja sama dengan para kepala sekolah dan guru, untuk meningkatkan kualitas sekolah sekaligus menjadi “agent of change” yang mampu membawa perubahan positif dan inovatif untuk kemajuan sekolah,” tutur Herawati.

Adapan, tugas utama peserta program Kampus Mengajar Kemitraan adalah :

  • Membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran, terutama pembelajaran Literasi dan Numerasi.
  • Membantu adaptasi teknologi dalam proses pembelajaran, baik daring maupun luring.
  • Mendukung Kepala Sekolah dalam bidang administrasi dan manajerial.

Kontribusi YPA-MDR untuk Pendidikan Indonesia

YPA-MDR yang berdiri sejak tahun 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi  social berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah prasejahtera atau 4T (Tertinggal, Terdepan, Terluar Dan Terdalam) di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera.

Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya.

Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 111 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao. (*)