25 radar bogor

Bantu UMKM Tahu Sumedang, Mahasiswa KKN Unida Kembangkan Potensi Sumber Daya

Unida
Kelompok 2 KKN Ftiphal) Unida Bogor, mengadakan kegiatan untuk mengoptimalisasi sumber daya dari sebuah pabrik Tahu Sumedang. 
Unida
Kelompok 2 KKN Ftiphal) Unida Bogor, mengadakan kegiatan untuk mengoptimalisasi sumber daya dari sebuah pabrik Tahu Sumedang.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kelompok 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Teknik dan Ilmu Pangan Halal (Ftiphal) Unida Bogor, mengadakan kegiatan untuk mengoptimalisasi sumber daya dari sebuah pabrik Tahu Sumedang.

Baca Juga : Tetapkan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Terbaik, Senat Unida Selenggarakan Rapat Penetapan Bersama

Pabrik Tahu Sumedang Bumi Armasta merupakan pabrik yang menjadi tempat KKN dari Kelompok 2 KKN dari Ftiphal Unida yang beranggotakan Ani Indriani, Daniel Haganta, Inna Anzal Fazri, Muhammad Eki, Nindita Eka, Nuraeni Apsyah, dan Octaviany Saragih. Kelompok KKN ini dibimbing Distya Riski H, S.TP., M.Sc.

Pabrik Tahu Sumedang Bumi Armasta adalah sebuah pabrik tahu yang berlokasi di Jalan Raden Kan’an No. 3, Tanah Baru – Bogor Utara, Kota Bogor. Adapun program KKN ini dilangsungkan pada 25 September 2021 hingga 05 Desember 2021 dan berlangsung sebanyak delapan pertemuan.

Pertemuan tersebut mencakup tiga hal utama, yaitu optimalisasi kondisi pabrik yang dilakukan secara langsung di dalam pabrik, sosialisasi cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga (CPPB-IRT) dan sosialisasi sertifikat halal yang keduanya dilakukan secara daring.

Kegiatan optimalisasi kondisi pabrik dilakukan dengan berbagai macam kegiatan, seperti membersihkan pabrik dan juga penambahan beberapa peralatan dan fasilitas yang dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi pada proses produksi, seperti pemberian penutup lampu dan juga pemberian tempat untuk menyimpan garam.

Sementara kegiatan sosialisasi dilakukan dua hari, yaitu pada tanggal untuk sosialisasi CPPB-IRT dan pada tanggal untuk Sosialisasi Sertifikat Halal. Sosialisasi CPPB-IRT disampaikan oleh salah seorang mahasiswi Ftiphal Unida dan diikuti oleh seluruh anggota kelompok beserta dengan karyawan dari Pabrik Tahu Bumi Armasta.

Sementara untuk sosialisasi sertifikat halal disampaikan oleh Lia Amalia, S.T, S.S, M.T yang mewakili dari Direktorat Komunikasi LPPOM MUI. Sosialisasi berjalan secara dua arah dan para peserta terlihat sangat antusias dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap materi yang disampaikan.

Melalui kegiatan, Kelompok 2 KKN Ftiphal Unida mengharapkan agar Pabrik Tahu Sumedang Bumi Armasta dapat lebih mengoptimalisasi setiap sumber daya yang dimilikinya sehingga dapat menghasilkan produk tahu Sumedang yang dapat bersaing baik secara lokal maupun internasional.

Pada pertemuan terakhir, Kelompok 2 KKN dari Ftiphal Unida mengucapkan terima kasih kepada Pabrik Tahu Sumedang Bumi Armasta atas kesempatan yang sudah diberikan.  (*)