25 radar bogor

Endang S Thohari Tinjau Langsung Bantuan Jalan Usaha Tani (JUT) Agar Alsintan Dapat Beroperasi di Kota Bogor

Endang S Thohari Tinjau Langsung Bantuan Jalan Usaha Tani (JUT) Agar Alsintan Dapat Beroperasi di Kota Bogor
Endang S Thohari Tinjau Langsung Bantuan Jalan Usaha Tani (JUT) Agar Alsintan Dapat Beroperasi di Kota Bogor

RADAR BOGOR, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Hj. Endang pada masa reses tak hentinya melaksanakan kunjungan kerja ke kelompok tani penerima program Bantuan Jalan Usaha Tani (JUT) kepada kelompok tani Al Kadom, Desa Situ gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Baca juga: Demi Babak 32 Besar, PSB Bogor Bakal Gempur Bone FC di Liga 3 Seri 2 Jabar

Hj. Endang menyampaikan, tak hanya menyerahkan bantuan ke kelompok tani saja, meskipun jadwal sangat padat namun Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra DR. Hj. Ir. Endang S Thohari, DESS., M.Sc Dapil Jawa Barat III (Kota Bogor, Kabupaten Cianjur) tetap turun langsung melaksanakan monitoring dan pengawasan ke kelompok tani penerima bantuan Jalan Usaha Tani (JUT) di Kota Bogor.

Hj. Endang menyampaikan, bantuan JUT dari Kementerian Pertanian melalui Aspirasi dari Hj. Endang Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra dapil Jabar III (Kota Bogor, Kabupaten Cianjur) merupakan sarana dan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan).

Untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan.

Dengan dilaksanakanya pembangunan jalan usaha tani ini, diharapkan proses mobilisasi alat-alat dan pertanian (alsintan) juga produk pertanian akan lebih lancar. Sehingga dapat mengurangi ongkos produksi (ongkos angkut) dan harga komoditi pertanian menjadi lebih baik.

Hj. Endang menyampaikan, sektor pertanian ditandai dengan penggunaan alat mesin pertanian (alsintan). Agar dapat menjangkau areal persawahan, maka diperlukan akses berupa jalan usaha tani. Agar alsintan dapat dioperasionalkan sebagai informasi, JUT merupakan akses infrastruktur yang dibangun untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Pembangunan JUT menjadi salah satu program strategis Kementerian Pertanian (Kementan) yang dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP).

Hj. Endang menjelaskan, keberadaan JUT akan memperluas jangkauan distribusi budidaya pertanian, sarana dan prasarana pertanian pada era pertanian modern memang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas. (*)