25 radar bogor

Runtutan Prestasi Guru SMAIT At-Taufiq, Tunjukkan Taring di TOT Hingga Tingkat Jawa Barat

SMAIT At-Taufiq
SMAIT At-Taufiq
Para guru SMAIT At-Taufiq Bogor yang mengukir segudang prestasi.

BOGOR-RADAR BOGOR, Segudang prestasi dicapai siswa SMAIT At-Taufiq Bogor. Tentunya, prestasi itu pun tidak lepas dari peran para guru mereka. Inilah sejumlah pengorbanan guru dan prestasi mereka di tengah pandemi.

Baca Juga : SMAIT At-Taufiq Boyong Berbagai Prestasi di Tengah Pandemi

Pembelajaran daring yang terus berjalan dan pendampingan siswa dalam setiap perlombaan dan juga kegiatan lainnya, bukan menjadi hambatan untuk tetap menorehkan prestasi.

Kedekatan antara guru dan siswa SMAIT At-Taufiq pun sudah seperti keluarga. “Feels like home” itulah yang banyak dirasakan para siswa SMAIT At-Taufiq ketika berada di sekolah.

Sekolah menjadi rumah kedua bagi para siswa. Dan para guru menjadi orang tua kedua mereka.

Selama pandemi Covid-19 pun, guru-guru SMAIT At-Taufiq Bogor mencoba menunjukkan taringnya pada seleksi TOT Pembina KSN SMA.

Terbukti, Ustadz Fahdnul Ashim menempati peringkat 1 se-Kota Bogor, peringkat 2 se-Jabar dan masuk 10 besar se-Jabar pada sesi penutupan TOT pada bidang Kimia.

Bidang Geografi, Ustadzah Queentina, menempati posisi ketiga se-Kota Bogor.

Sedangkan Ustadzah Veny menempati posisi kelima Kota Bogor dalam bidang Biologi.

Tidak hanya dalam bidang sains, guru olahraga SMA At-Taufiq Bogor pun ada yang mengikuti pelatihan sebagai wasit handball pada agenda Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Yaitu Ustadz Hilman, yang sekaligus juga menjabat sebagai pembina pramuka. “Beliau merupakan lulusan pendidikan keolahragaan UPI,” beber perwakilan guru SMAIT At-Taufiq, Ana Siti Maryam.

Ana melanjutnya, prestasi lainnya diraig Ustadz Hendra Bahtiar selaku guru Bahasa Indonesia kelas XII dan pembina ekskul Senandika.

Keduanya terlibat sebagai narasumber fasilitator provinsi se-Jabar mengenai literasi.

“Literasi merupakan bidang terkait keterampilan membaca dan menulis. Kita ketahui bersama menurut PISA Indonesia menduduki peringkat 62 dari 70 negara,” tambah Ana.

Prestasi lainnya diraih Guru KBA (Kegiatan Belajar Al-Quran) yang menjadi sumber mata air dan juga menjadi salah satu stakeholder yang penting dalam sekolah SMAIT At-Taufiq ini.

Personil guru KBA berjumlah 8 orang yang mengemban misi mulia dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur’an dan Sunnah. Serta menjadikan Al Qur’an dan sunnah sebagai pedoman hidup.

“Menghafalkan Al Qur’an dengan mutqien, menggunakan hafalan Al Qur’an dalam sholat wajib maupun sunnah, mentadaburi ayat-ayat Al Qur’an dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta membentuk pribadi berakhlak karimah menjadi tujuan utama dari pembelajaran Quran dan Hadits di sekolah ini,” katanya.

Perjuangan guru KBA membuahkan hasil. Saat bulan Oktober lalu, lanjut Ana, salah satu siswa SMAIT At-Taufiq-Kito Rabbani Al Anbiya berhasil menyelesaikan Tasmi Hafalan Al Quran 30 Juz.

Sejarah baru kembali terukir di sekolah yang sederhana ini. Siswa kelas XII yang lainnya pun berhasil menyelesaikan Ujian Hadist Arba’in An Nawawiyah (42 hadits).

“Guru yang hebat tentunya terus belajar. Pengembangan potensi dan kemampuan guru pun terus diasah, seperti pelatihan manajemen perjalanan, manajemen kelas dan regulasi emosi. Pembinaan ruhiyah dan tsaqofah islamiyah untuk guru pun menjadi aktivitas rutin yang senantiasa dilakukan untuk membangun kedekatan dengan Allah SWT. Guru yang terus belajar dan berprestasi layaknya sebuah mata air yang tidak pernah kering,” ungkap Ana.

Prestasi-prestasi anak dan guru ini terus menjadi penguat sekolah dalam menarik peserta didik baru yang ingin ikut mencetak prestasi lainnya.

Ana mengatakan, SMAIT At-Taufiq Bogor telah membuka PPDB Gelombang 1 tahun pelajaran 2022-2023 secara online dengan mendaftar di alamat website http://www.sekolahattaufiq.id/Ppdb/Daftar.

“Atau, bisa menghubungi Ana Siti Maryam (081385257618)  dan Fadhnul Ashim (087881957776),” tutupnya. (*)