25 radar bogor

Menurunnya Kasus Omicron di Indonesia, Menkes Ajak Tetap Waspada

Varian Omicron
Ilustrasi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Varian Omicron
Ilustrasi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA – RADAR BOGOR, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau semua pihak untuk tetap waspada dalam menghadapi kenaikan kasus Omicron di seluruh dunia. Maka untuk itu, protokol kesehatan tetap jadi yang utama.

Baca Juga :Briefing Staff Awal Tahun, Bima Arya Ingatkan Jajaran Antisipasi Kemungkinan Terburuk Terkait Omicron

Sampai saat ini, penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di seluruh dunia telah mencapai 408 ribu kasus, naik dari angka minggu lalu sebanyak 184 ribu kasus. Omicron juga kini telah terdeteksi di 132 negara, naik dari 115 negara pada minggu lalu. Di Indonesia sendiri, kasus Covid-19 varian Omicron kini mencapai 152 kasus.

“Paling banyak sekarang ada di daerah Eropa, Inggris, Denmark, Amerika itu semuanya di atas 20 ribu, Afrika Selatan sendiri sudah turun ke angka 1.800-an, negara di Asia Tenggara yang di atas kita adalah Singapura 1.600 dan Thailand 1.500,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta.

Menurutnya karantina kita sudah cukup ketat berhasil menahan masuknya Omicron ke dalam. “Ada yang datang dan sebagian besar di Jakarta, tapi ada juga yang datang dari Medan dan juga dari Bali dan Surabaya. Jadi kita tetap harus selalu waspada,” ujarnya.

Menkes Budi menjelaskan bahwa varian Omicron, mekipun secara klinis bisa melalui antibodi yang berasal dari vaksin, namun sel T atau T cell masih memberikan perlindungan dengan cukup baik. Hal tersebut juga menjelaskan mengapa tingkat pasien yang fatal dan masuk ke rumah sakit lebih rendah.

“Jadi kita melihat bahwa sampai sekarang tidak ada yang membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit, cukup dikasih obat dan vitamin. mereka sudah bisa kembali ke rumah,” tutupnya.(jpg)