25 radar bogor

Aulia Sarah Jaga Aset demi Panjang Umur

Aulia Sarah
TETAP RAJIN OLAHRAGA: Dalam seminggu, Aulia Sarah melakukan workout 4-5 kali. Bagi dia, hidup sehat harus dimulai dengan olahraga rutin. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Aulia Sarah
TETAP RAJIN OLAHRAGA: Dalam seminggu, Aulia Sarah melakukan workout 4-5 kali. Bagi dia, hidup sehat harus dimulai dengan olahraga rutin. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Konsisten workout meski alergi panas. Awalnya, aktris Aulia Sarah rajin berolahraga agar tubuhnya tidak terlalu kurus. Namun, dia akhirnya sadar bahwa tujuan utama olahraga bukan hanya untuk body goals, melainkan untuk hidup sehat jangka panjang. Sayang, upaya Aulia untuk membuat tubuhnya menjadi lebih berisi dan sehat dengan workout memberikan tantangan tersendiri. Pemain film Backstage itu rupanya alergi terhadap suhu panas. Lalu, bagaimana Aulia menyiasati itu di tengah aktivitas workout-nya?

Sejak kapan Aulia mulai menyadari alergi tersebut?

Jadi, awalnya itu sekitar lima tahun lalu, aku nyoba olahraga, mulai lari. Tapi, nggak tahu kenapa tiba-tiba kok alergi setelah olahraga. Aku jadi sulit napas kayak orang flu gitu. Terus juga muncul bentol-bentol. Akhirnya, aku sempet stop karena ngerasa nggak bisa olahraga.

Apa diagnosis dokter?

Aku belum tahu karena belum sempat ngecek ke dokter spesialis. Mungkin dalam waktu dekat karena sekarang aku udah ngerasa ini mengganggu. Waktu itu sempat kambuh pas syuting. Tapi, beberapa kali aku juga nanya ke kenalan dokter, mereka pun bingung. Banyak juga yang menyarankan aku untuk tes darah, apakah ini ada hubungannya dengan autoimun.

Lalu, gimana cara menyiasatinya jika syuting di luar ruangan?

Dari rumah, aku udah bawa kipas portabel 2. Nah, kalau break syuting, aku duduk atau tiduran di tempat yang nggak terlalu panas. Tapi, kalau memang diharuskan syuting di tempat yang panas banget, aku udah siapin obat alergi.

Baca juga: Real Madrid Awali 2022 Dengan Kekalahan, Barca Dekati 4 Besar. Ini Klasemennya!

Kalau dari makanan sebetulnya ada pantangan nggak terkait dengan penyakitmu itu?

Nggak ada sih. Cuma memang kalau aku makan sambal yang pedas banget, otomatis kan badan aku jadi panas. Nah, itu memicu juga sih. Sayang, itu bertabrakan sama hobi aku yang doyan makan pedas. Beberapa kali suka kebablasan sampai kambuh.

Dengan alergi itu, Aulia masih aktif workout?

Iya. Aku nyiasatinnya itu sejam sebelum workout, aku minum obat alergi buat mencegah supaya nggak kambuh. It works.

Apa yang bikin kamu akhirnya jatuh cinta dengan workout?

Wah, itu tuh kayak stress release buat aku. Pas pandemi, aku mati gaya di rumah, akhirnya mulai nyoba buat olahraga lagi. Terus juga semenjak workout, berat badanku nambah dari 47 kilogram ke 55 kilogram. Dari situ aku jadi rutin.

Apakah tujuan Aulia workout untuk mencapai body goals saja?

Oh, nggak. Aku rutin berolahraga buat hidup sehat. Umurku tuh udah 30 tahun. Nah, aset yang harus dijaga biar bisa panjang umur kan hidup sehat. Apalagi, aku nggak bisa pantang makanan dan mengorbankan makan enak. (Jpg)