Beranda Bogor Raya Lebih Dekat dengan Muhammad Khawariz, Mahasiswa IPB yang Punya Segudang Prestasi

Lebih Dekat dengan Muhammad Khawariz, Mahasiswa IPB yang Punya Segudang Prestasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Didikan IPB University tentu saja bukan main-main. Banyak mahasiswa dari kampus pertanian terbaik itu yang menginspirasi anak bangsa lainnya. Jangan salah, jebolan kampus negeri di Bogor itu juga memiliki pengaruh besar di negeri ini.

Salah satu mahasiswa IPB University yang menginspirasi adalah Muhammad Khawariz. Merantau ke Bogor sejak tahun 2019, Khawariz memantapkan niatnya untuk menimba ilmu di pendidikan tinggi. Sesekali ia melirik informasi lomba-lomba tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Bantu Deteksi Virus Covid-19, Peneliti IPB University Kembangkan Inventpro®

“Fotoku ingin terpajang di sudut-sudut IPB. Sesederhana itu mimpiku di tingkat 1,” ungkap Khawariz terkait alasannya ikut lomba, Minggu (2/1/2022).

Tercemplung di dunia perlombaan bukan tujuan pertama. Ia sempat ingin melanjutkan jejak langkahnya di organisasi. Berbagai organisasi telah ia ajukan dengan mendaftar sebagai calon pengurus.

Namun, tak ada satu pun organisasi yang menerimanya. Akhirnya mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan itu menoleh ke Outsanding Student College (Outsco), sebuah wadah yang melahirkan mahasiswa berpestasi (mawapres).

“Pada saat itu aku sadar bahwasanya di kampus bukan waktunya untuk organisasi. Saatnya aktif dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang belum aku dapatkan di masa SMA,” ujarnya.

“Memang sih pas aku awal banget lolos di IPB itu, bapak, ibu, paman, dan beberapa kolega kerabat terdekat bilang, cukup OSIS menjadi organisasi terakhirmu,” sambungnya.

Petuah-petuah itu akhirnya dipegang Khawariz. Meski pernah ia langgar, namun ia sadar bahwa petuah tersebut akhirnya membawa ia menjadi mahasiswa yang berpestasi.

Kini mahasiswa angkatan 56 IPB itu memfokuskan dirinya untuk terus belajar dan mengembangkan diri dari hal-hal yang belum ia pelajari. Beberapa prestasi telah ia raih sejak tingkat 1 di IPB.

Beberapa prestasi Khawariz antara lain Honorable Mention of Asia Pacific Youth SDGs Summit 2021, Author of Jejak Mimpi Anak Negeri IPB Press 2019, Best Delegate of Ideathonesia 2021, The 1st Place in the 2021 KMI National Sudent Inspiration Video Competition, The 1st Place in Scientific Writing Competition for the 57th Annyversary of Fispol Unsrat, hingga Awardee of Youth Co Lab Bootcamp 2021. (MHT)