25 radar bogor

Endang S Thohari Berikan Bantuan Program Diseminasi Inovasi Teknologi Kambing Boerka, Dukung Program Padat Karya Pertanian di Kota Bogor

Endang S Thohari Berikan Bantuan Program Diseminasi Inovasi Teknologi Kambing Boerka, Dukung Program Padat Karya Pertanian di Kota Bogor

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan Jabar III yang meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur Fraksi Partai Gerindra DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc terus melaksanakan kunjungan kerja pada masa reses, sekaligus memberikan bantuan Program Diseminasi Inovasi Teknologi Kambing Boerka untuk mendukung Program Padat Karya Pertanian di Kota Bogor, Kamis (30/12/21).

Baca juga: Endang S Thohari Terus Menyerap Aspirasi Masyarakat dan Memberikan Santunan Kepada Anak Yatim

Hj. Endang menyampaikan, silahturahmi dan simbolis penyerahan desiminasi Kambing Boerka di Kelurahan Bojongkerta, Bogor Selatan, Kota Bogor ini bertujuan untuk mendiseminasikan teknologi peternakan kambing Boerka kepada petani atau peternak.

Untuk meningkatkan pengetahuan petani atau peternak dalam pemeliharaan ternak kambing dengan baik.

Hj. Endang menyampaikan, bahwa pelaksanaan reses sudah dilaksanakan diberbagai titik di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Saat ini Hj. Endang turun langsung ke Kota Bogor untuk bersilahturahmi sekaligus menyerap aspirasi dan memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok tani, kelompok wanita tani (KWT) dan masyarakat di Kota Bogor.

Tutur Hj. Endang, untuk diketahui Kambing Boerka adalah persilangan kambing Boer (Afrika Selatan) dengan kambing kacang (lokal), persilangan kedua bangsa ini menghasilkan kambing Boerka dengan bobot badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kambing lokal dan potensial untuk dikembangkan di Indonesia.

Bobot lahir Boerka sekitar 2,6-2,8 kg, lebih tinggi dari bobot lahir kambing kacang yang berkisar antara 1,6-1,8 kg. Bobot sapih Boerka antara 10-12 kg, sementara Kambing Kacang hanya 6-8 kg.

Hj. Endang menyampaikan, saat ini salah satu yang memberikan nilai tambah devisa negara  adalah dari sektor pertanian atau peternakan.

“Dimana sub sektor Peternakan juga berperan dalam penyediaan gizi protein hewani bagi masyarakat, olehnya sub sektor Peternakan juga menjadi tulang punggung negara di tengah pandemi covid-19,” kata Hj. Endang. (*)