25 radar bogor

Tiga Kompleks Pabrik Indocement Raih Penghargaan PROPER Hijau 2021

Plant 12 Kompleks Pabrik Tarjun

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tiga kompleks pabrik milik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) yaitu Indocement Kompleks Pabrik Citeureup, Indocement Kompleks Pabrik Cirebon,
dan Indocement Kompleks Pabrik Tarjun berhasil meraih penghargaan PROPER Hijau 2021.

Penghargaan ini diumumkan pada 28 Desember 2021 secara daring dalam acara Anugerah Lingkungan PROPER Tahun 2021 dengan tajuk “PROPER: Inovasi Sosial untuk Indonesia Maju”.

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya mengatakan, tiga kompleks pabrik Indocement dinilai telah melakukan pengelolaan lingkungan melebihi dari yang dipersyaratkan, telah mempunyai sistem pengelolaan lingkungan, serta mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat.

Program inovasi unggulan yang diangkat Indocement Kompleks Pabrik Citeureup, yakni Efisiensi energi sebesar 681.907 GJ melalui konversi electrostatic precipitator menjadi bag house filter di Plant 4.

Kemudian pemanfaatan limbah B3 fly ash seberat 224.385,7 Ton dan penurunan emisi sebesar 116.241 Ton CO2eq melalui efisiensi energi panas dari pengoperasian Plant 14. “Indocement Kompleks Pabrik Citeureup merupakan kompleks pabrik dari industri semen pertama yang memperoleh Sertifikat Hijau dari Kementerian Perindustrian pada 2017,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Lebih lenjut dia menjelaskan, program inovasi unggulan yang diangkat Indocement Kompleks Pabrik Cirebon, yakni Efisiensi energi sebesar 1.239.440 GJ melalui pemanfaatan sekam padi sebagai bahan bakar alternatif.

Kemudian pemanfaatan limbah B3 refraktori bekas seberat 250 ton sebagai bahan baku alternatif dan penurunan emisi sebesar 107,40 Ton CO2eq melalui pengendalian temperatur untuk mengurangi pembentukan senyawa sulfat di cerobong utama pabrik semen.

Sementara program inovasi unggulan yang diangkat Indocement Kompleks Pabrik Tarjun, yakni efisiensi energi sebesar 341.574,53 GJ dengan mengurangi rasio presentase pemakaian klinker dalam semen sehingga mengurangi konsumsi energi pembuatan semen di finish mill.

Pemanfaatan limbah fly ash sebesar 2.052,39 Ton dan penurunan emisi sebesar 115.851 Ton CO2eq melalui reposisi jalur outlet gas tertiery air duct ke ILC Calciner yang menghasilkan penurunan emisi sebesar 115.851 Ton CO2eq.

Penghargaan PROPER sendiri, merupakan penghargaan tahunan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada perusahaan di Indonesia atas kinerja lingkungannya.

Pada 2021 ini sebanyak 2.593 perusahaan turut serta dalam Anugerah PROPER dimana hanya 47 perusahaan yang mendapatkan penghargaan tertinggi PROPER Emas dan 186 perusahaan yang mendapatkan PROPER Hijau. Penilaian PROPER ini merupakan program yang diselenggarakan KLHK sejak tahun 2002.

“Ini pertama kalinya Indocement mendapatkan hattrick penghargaan PROPER Hijau untuk ketiga kompleks pabrik Indocement. Sebagai perusahaan publik yang berorientasi pada keberlanjutan dan pionir perusahaan semen ramah lingkungan, Indocement memberikan perhatian besar pada aspek lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG),” paparnya.

Indocemen juga terus berupaya mengurangi jejak lingkungannya dengan menciptakan operasional yang lebih ramah lingkungan. Kedepannya, Indocement akan terus berinovasi dan mengambil langkah-langkah terobosan baik dalam memproduksi beragam varian semen hijau dan memastikan proses produksi yang lebih environmental friendly.(pin/*)