25 radar bogor

Sky Bridge di Stasiun Bogor Mulai Lelang 2022, Terhubung ke Stasiun Paledang

Ilustrasi Sky Bridge
Antrean panjang penumpang di Stasiun Bogor. Pembangunan sky bridge di Stasiun Bogor mulai dilelang tahun depan.
Ilustrasi Sky Bridge
Antrean panjang penumpang di Stasiun Bogor. Pembangunan sky bridge di Stasiun Bogor mulai dilelang tahun depan.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pembangunan jembatan layang atau sky bridge yang menghubungkan Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang di Kota Bogor, mulai dilelang pada 2022.

Baca Juga : Progres Pekerjaan Sudah 90 Persen, Kereta Double Track Bogor Sukabumi Segera Beroperasi Tahun Depan

Direktur Prasarana Perkeretaapian pada Ditjen Perkeretaapian, Harno Trimadi menyatakan, sky bridge di Stasiun Bogor rencananya akan mulai dilelangkan pada tahun depan.

“Kalau Stasiun Bogor harapan kami di 2022 kita sudah lelangkan. Untuk menghubungkan Stasiun Bogor dengan Paledang,” ujar Direktur Prasarana Perkeretaapian pada Ditjen Perkeretaapian, Harno Trimadi, Senin (27/12/2021).

Harno menjelaskan, saat ini pihaknya bersama arsitektur lokal tengah membahas desain dari sky bridge Stasiun Bogor tersebut.

Selain itu, ia menerima permintaan agar desain sky bridge harus ramah lingkungan.

“Kita lagi bahas, bekerjasama dengan arsitek supaya desain sky bridge-nya ada corak Bogornya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jawa Bagian Barat, Erni Basri menyatakan, nantinya pelayanan penumpang antara Stasiun Bogor dengan Stasiun Paledang akan dihubungkan dengan sky bridge.

Hanya, wacana untuk menyatukan Stasiun Paledang dan Stasiun Bogor masih dalam pembahasan.

“Saat ini perencanaan double track hanya sampai Paledang, pelayanan penumpang yang terhubung dengan Stasiun Bogor menggunakan Sky Bridge,” ucapnya.

Sedangkan rencana menyatukan Stasiun Paledang dan Stasiun Bogor masih dilakukan pembahasan dengan berbagai pihak mulai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat (BTP JABAR), dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI).(ded)

Editor : Yosep