25 radar bogor

Kerjasama Unpak dan Ditjen Dikti Ristek, Hasilkan Program Penelitian Kebijakan MBKM

RADAR BOGOR, LPPM Unpak melalui bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa dari DITJEN DIKTIRISTEK Tahun Anggaran 2021, melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Penataan Ruang Situ Tunggilis untuk Pengembangan Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan”, yang melibatkan dosen dan mahasiswa dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan.

Baca juga: Universitas Pakuan Tegas Minta Sanksi Pidana Kebiri Pada Kejahatan Seksual

Kegiatan PKM ini menghasilkan rencana master plan situ tunggilis dan pembangunan ikon Situ Tunggilis serta melaksanakan pelatihan dan yang diikuti sebanyak 40 orang peserta terdiri dari Pemdes, Bumdes, Katar, Mahasiswa dan Tokoh Masyarakat yang bertempat di Kantor Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan Fakultas Teknik Unpak Dr. Ir. Janthy T Hidayat, selaku Ketua tim mengungkapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat dari para dosen Universitas Pakuan ini juga merupakan perwujudan pelaksanaan kebijakan pemerintah tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka jelasnya.

Dr. Ir. Janthy T Hidayat juga menambahkan bahwa program dikaitkan dengan pembinaan desa wisata dari Pemda Kab. Bogor dan kegiatan serta animo masyarakat menjadikan para pelaku pembangunan desa dapat saling berkolaborasi dan bersinergi.

Kegiatan pengabdian masyarakat LPPM Unpak yaitu pembuatan masterplan dan ikon Situ Tunggilis sebagai obyek wisata serta peningkatan kapasitas pengelolaan oleh masyarakat melalui pelatihan pengembangan SDM, keuangan dan pemasaran digital menjadi pemicu percepatan pembangunan dan perekonomian di Desa Situsari, pungkasnya.

Situ Tunggilis merupakan salah satu situ dari 93 situ yang berada di Kabupaten Bogor, secara administrasi terletak di Kampung Tunggilis, Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi.

Situ Tunggilis merupakan lahan basah memiliki luasan 35 Ha dimana keberadaannya sangat penting untuk keberlangsungan hidup masyarakat sekitar khususnya di bidang perikanan dan irigasi.

Situ Tunggilis memiliki panorama yang mengagumkan untuk sebuah Situ yang berada di Kawasan pemukiman dan jalan lintas nasional yang terletak persis di pinggir Jalan Raya Jonggol-Cileungsi.

Ketua Bumdes Situsari, Arif Suratman berharap, agar Pemdes dan Bumdes selalu bisa bersinergi untuk bersama-sama membantu program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui objek Wisata Desa Situsari.