25 radar bogor

Antisipasi Gangguan Keamanan Jelang Nataru, Lapas dan Rutan Diminta Siaga

Lapas dan rutan
Apel siaga jelang Nataru di Kantor Imigrasi Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Kamis (23/12/2021). Lapas dan rutan diminta siaga terhadap gangguan keamanan jelang Nataru.
Lapas dan rutan
Apel siaga jelang Nataru di Kantor Imigrasi Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Kamis (23/12/2021). Lapas dan rutan diminta siaga terhadap gangguan keamanan jelang Nataru.

BOGOR-RADAR BOGOR, Lapas dan rutan diminta siaga terhadap gangguan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Baca Juga : Cegah Kerumunan Saat Nataru, Polresta Bogor Kota Sebar Tim 

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum HAM Jawa Barat Sudjonggo  pada apel siaga jelang Nataru di Kantor Imigrasi Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Kamis (23/12/2021).

Sudjonggo menjelaskan, pada saat Nataru tidak menutup terjadi gangguan keamanan yang ditimbulkan oleh perorangan maupun kelompok.

“Maka dari itu saya meminta agar pada momen Nataru tahun ini semua lapas dan rutan harus tetap waspada serta meningkatkan pengamanan. Baik pengaman ke luar, maupun pengamanan ke dalam atau internal,” kata Sudjonggo.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan kepada satuan kerja yang ada di bawah, untuk senantiasa mengawasi fasilitas perkantoran dan gedung terutama instalasi listrik.

Ia juga mengingatkan kepada jajarannya agar mengantisipasi potensi bencana alam yang bisa saja terjadi di musim penghujan ini.

Para petugas di lapas dan rutan juga diminta senantiasa waspada terhadap segala potensi dan ancaman gangguan keamanan baik dari dalam maupun dari luar.

Seperti kasus kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas 1 Tanggerang beberapa waktu lalu. “Baik potensi ancaman gangguan keamanan dari dalam, dari luar, hingga potensi bencana, harus kita waspadai,” katanya.

“Jangan sampai ada petugas yang lalai dalam melakukan antisipasi pengamanan. Serta mengantisipasi potensi masuknya barang terlarang ke dalam lapas dan rutan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Bogor Y Waskito mengaku akan menindaklanjuti apel siaga ini.

Ia juga sudah mengingatkan kepada anggota dan jajarannya untuk dapat mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban, baik dari dalam maupun dari luar lapas.

“Karena gangguan keamanan dan ketertiban ini banyak bentuknya. Bisa pelarian, bisa pemberontakan bisa pembakaran, bisa penyerangan kepada petugas, oleh karena itu kami meminta kepada jajaran untuk bisa melakukan deteksi dini,” ujarnya.

Ia juga mengintruksikan kepada jajarannya agar bisa melakukan deteksi dini untuk mengantisipasi potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dari dalam lapas dan rutan.

“Artinya bagaimana kita bisa membaca situasi, suasana di dalam Lapas terkait potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Dengan cara mencari informasi, keterangan di tataran bawah, termasuk isu yang ada di warga binaan,” tukasnya. (ded)

Editor : Yosep