25 radar bogor

Tutup LDDK, Taruna SMKN 1 Glagah Angkatan Ke-23 Dikukuhkan

SIMBOLIS: Kepala SMKN 1 Glagah, H. Panuri memasang Epolet kepada perwakilan siswa yang dikukuhkan menjadi Taruna SMKN 1 Glagah, Jum’at (3/12). (Benny Siswanto/RadarBanyuwangi.id)

GLAGAH-RADAR BOGOR, Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK) Program Keahlian Kemaritiman SMKN 1 Glagah Angkatan XXIII tahun 2021 resmi ditutup hari Jum’at (3/12) lalu.

Baca juga : Korban Jiwa Erupsi Gunung Semeru Capai 22 Orang, Puluhan Warga Dilaporkan Hilang

Penutupan kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 29 November 2021, dirangkai juga dengan upacara pelantikan Taruna SMKN 1 Glagah yang dilakukan oleh Kepala SMKN 1 Glagah, H. Panuri.

Acara yang dilaksanakan dengan penerapan prokes ketat bagi tamu dan undangan yang hadir wajib menggunakan masker, digelar di sekolah yang beralamat di Jalan Kuntulan No. 1, Dusun Watu Ulo, Rejosari, Kecamatan Glagah.

Kompak hadir dalam acara tersebut, jajaran Guru Hebat Semegah, pengurus komite sekolah, pelatih LDDK dari Lanal Banyuwangi, orang tua wali murid kelas X dan undangan.

Kepala SMK Negeri 1 Glagah, H. Panuri dalam sambutannya mengatakan, sebelum dikukuhkan sebagai Taruna SMKN 1 Glagah. Selama lima hari terakhir siswa dibekali kegiatan pembentukan karakter melalui kegiatan LDDK.

Pembentukan karakter yang dikawal dari Lanal Banyuwangi, menurut H. Panuri, bertujuan membentuk mental jasmani dan rohani Taruna yang bertanggung jawab. “Bertanggung jawab pada diri sendiri, keluarga, lembaga, dan kepada Tuhan YME, serta memiliki moral dan akhlak jiwa sebagai seorang Taruna,” tegasnya

Sebagai seorang Taruna yang telah mengucap janji setia kepada Pancasila dan UUD 1945, H. Panuri berpesan, patuhi peraturan disiplin Korps, tatib sekolah dan norma agama. “Jangan ingkar janji, terus bekerja keras dengan tekun dan hormat kepada orang tua dan semua yang dituakan, insyaallah kesuksesan akan diraih,” pintanya.

Diakhir sambutannya, H. Panuri mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan LDDK. Dengan mengucap; Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan LDDK SMKN 1 Glagah angkatan ke-23, kami nyatakan ditutup dan diakhiri. “Selanjutnya, dengan berakhirnya LDDK ini, maka anak-anakku sudah sah menjadi Taruna SMKN 1 Glagah Banyuwangi,” pungkas Panuri.

Mochamat Tayib, orang tua dari M. Fauzi Hidayatullah asal dari Desa Kembiritan Genteng mengaku bangga anaknya bisa bergabung menjadi taruna SMKN 1 Glagah. “Sejak kecil anak saya bercita-cita pingin jadi tentara,” jelasnya.

Tayib yakin, kedisplinan yang diterapkan SMKN 1 Glagah adalah kunci kesuksesan yang akan diraih di masa akan datang. “Dimanapun tempatnya, insyaallah akan jadi orang sukses yang dibutuhkan masyarakat dan biasanya mendapat peran penting,” ungkap Tayib.

Sementara itu, koordinator pelatih LDDK, Letda Laut (T) Achmad Andri Lanal Banyuwangi berpesan kepada Taruna SMKN 1 Glagah yang sudah resmi dilantik agar selalu menanamkan rasa syukur dan menjaga ketaatan kepada Allah SWT.

Andri berharap, apa yang diidamkan orang tua agar anaknya sukses harus tertanam dalam diri mereka sebagai wujud anak yang berbakti kepada orang tua. “Semoga proses belajar mengajar lebih baik dan apa yang dicita-citakan bisa tercapai,” harap Andri, yang merupakan alumni sekolah angkatan 2001 tersebut. (jpg)