25 radar bogor

Pandemi Covid-19, Iwan Fals Pun Berjualan

IWAN FALS
Musisi Iwan Fals (Rahman/JawaPos.com)
IWAN FALS
Musisi Iwan Fals (Rahman/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pandemi Covid-19 membuat pendapatan banyak musisi berkurang. Hal itu juga dialami musisi senior Iwan Fals. Dia pun memilih berjualan kopi dan gorengan.

Iwan Fals memberikan minuman kopi yang dijualnya kepada awak media dalam rangka peluncuran single terbarunya hari ini. Bisnis kopi yang diberi nama brand Warung Om Iwan itu kini sudah memiliki akun Instagram dengan nama yang sama.

Ketika ditanya cara menjaga kualitas suara dimana kualitasnya masih sangat bagus di usianya yang sudah memasuki 60 tahun,Iwan Fals menyatakan dirinya tidak anti minyak dan gorengan. Dia masih tetap mengonsumsinya tapi dengan jumlah yang tidak berlebihan.

“Saya justru jualan gorengan dan kopi. Saya makan apa aja asal tidak berlebihan. Yang penting dikontrol saja,” kata Iwan Fals saat ditemui di bilangan Senayan Jakarta Senin (6/12).

Selain menjaga makanan supaya tidak berlebihan, Iwan Fals mengaku juga berolahraga setiap hari untuk menjaga kondisi kesehatannya. Karena dengan kondisi kesehatan yang baik, otomatis akan menunjang kualitas suaranya.

“Tiap hari saya jalan 10 ribu langkah,” ucap pemilik nama lahir Virgiawan Liestanto ini.

Selain itu, cara yang paling penting bagi Iwan Fals menjaga performa suaranya adalah dengan menjalani latihan nyanyi setiap hari. Ada atau tidaknya job, dia tetap rutin mejalani latihan nyanyi di rumahnya.