25 radar bogor

Detik-detik Gunung Semeru Erupsi, Warga Panik Berhamburan

Gunung Semeru erupsi
Detik-detik Gunung Semeru erupsi Sabtu (4/12/2021).
Gunung Semeru erupsi
Detik-detik Gunung Semeru erupsi Sabtu (4/12/2021).

LUMAJANG-RADAR BOGOR, Gunung Semeru kembali meletus. Gunung tertinggi di Jawa Timur itu meletusan sekitar pukul 15.00 WIB, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga : Gunung Semeru Erupsi, Muntahkan Awan Panas. Warga Berlarian!

Detik-detik Gunung Semeru erupsi terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Tampak warga yang berada di sekitar lereng Gunung Semeru pun berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Sanhaji, salah satu warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo mengungkapkan, awalnya terdengar suara letusan beberapa kali. Warga setempat menganggap hal itu biasa. Namun, letusan akhirnya disertai awan panas yang membumbung cukup tinggi.

“Sekitar jam 13.00, ada aliran lahar dingin kecil. Di sekitar Curah Kobokan. Tetapi, aliran semakin besar dan ada suara letusan beberapa kali. Suaranya seperti guntur dan petir. Setelah tahu Gunung Semeru meletus, warga langsung mengungsi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, warga mengungsi di sejumlah tempat. Sebab, hujan abu mulai turun. “Di sini listriknya padam juga,” tambahnya.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Radar Bogor (@radar_bogor)

Sementara itu, beberapa kecamatan di sekitar lereng Gunung Semeru juga ikut mengungsi ke tempat aman. Abu juga menyelimuti bangunan dan lingkungan sekitar.

Kabid Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Joko Sambang mengatakan masih mengumpulkan informasi. Namun, dia membenarkan adanya letusan Gunung Semeru. (kin/radarjember)