25 radar bogor

Tak Terawat, Kondisi Terkini Pengereman Darurat di Puncak, Ditumbuhi Rumput Liar hingga Vandalisme!

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Bagi yang kerap berlibur ke kawasan puncak, Kabupaten Bogor pasti tidak asing lagi dengan jalur pengereman darurat di Tanjakan selarong, Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Parah! Marak Oknum Hotel Nakal Buang Sampah Sembarang!

Jalur pengereman darurat itu adalah jalur khusus.  Sengaja dibuat di sisi kanan atau kiri jalan. Dengan posisi kemiringan yang berlawanan dengan posisi tanjakan. Juga dilengkapi dengan lapisan pasir atau material lainnya.

Dibangun lantaran, seringnya kecelakan lalulintas di tanjakan Selarong akibat rem blong.

Kendaraan yang punya masalah pengereman pada saat menanjak atau menurun, bisa mengarahkan kendaraannya ke jalur darurat ini. Sehingga bisa berhenti dengan lebih aman.

Terakhir, jalur pengereman darurat Selarong itu sukses mencegah kecelakan bus yang mengalai rem blong. Pada Minggu (21/4/2019). Ketika itu sebuah bus gagal mengerem. Bus melesat masuk ke dalam jalur pengereman darurat Selarong itu.

“Selama adanya jalur pengereman darurat Selarong itu, baru sekali ada bus yang menggunakannya. Tahun 2019. Hingga sekarang belum ada lagi,”ujar Ujang Supriyadi salah satu warga sekitar kepad Radar Bogor Jumat (3/12/2021).

Namun, untuk kondisi jalur pengereman darurat Selarong saat ini nampak terlihat usang. Sepanjang tembok jalur pengereman darurat Selarong dipenuhi oleh vandalisme.

Sementara itu pasir yang berada sepanjang jalur pengereman darurat Selarong kini dipenuhi rumput liar. Tingginya sekitar 30 senti meter.

“Iya sudah banyak rumput liar. Cuman sepertinya masih bisa berfungsi menghambat kendaraan yang mengalai rem blong,” tukasnya. (all)