Beranda Metropolis Ditargetkan Rampung Pertengahan Desember, Command Center Tangani Masalah Secara Realtime

Ditargetkan Rampung Pertengahan Desember, Command Center Tangani Masalah Secara Realtime

Ditargetkan Rampung Pertengahan Desember, Command Center Tangani Masalah Secara Realtime
Ditargetkan Rampung Pertengahan Desember, Command Center Tangani Masalah Secara Realtime

BOGOR-RADAR BOGOR, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor terus merampungkan ruangan Command Center di kantor pusat Jalan Siliwangi, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Baca Juga : Lagi, Polresta Bogor Bantu Perekonomian Marbot

Salah satu ruangan yang sedianya digunakan untuk rapat, akan difungsikan sebagai sentra berbagai informasi dari wilayah maupun pelanggan yang terpusat.

yamaha-fazzio

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf, saat ini pembangunan Command Center sudah masuk tahap struktur dengan progres hampir 100 persen.

Saat ini, Command Center dalam tahap desain interior yang nanti akan diisi layar besar dan layar samping disertai teknologi informasi lainnya.

Selain interior, pihaknya juga tengah membangun kaitan sarana prasarana Teknologi Informasi (TI).

“Artinya pekerjaan struktur sudah hampir 100 persen. Kita sedang desain interiornya. Selain itu juga kita mulai bangun kaitan IT-nya. IT kemungkinan besar tahu ini juga kita lakukan pengadaannya,” kata Ardani Jumat (3/12/2021).

Ia menjelaskan, pekerjaan konstruksi Command Center masuk dalam kategori jasa pembangunan fisik, sedangkan IT masuk dalam pengadaan secara keseluruhan.

Pihaknya berharap, pembangunan Command Center di kantor pusat Siliwangi bisa selesai bulan ini, sehingga pada akhir Desember 2021 bisa dilaunching.

“Kita harapkan bisa selesai segera sebelum tanggal 24 Desember, sudah bisa diluncurkan. Tentunya harus disupport dengan pengembangan IT dari hulu maupun hilir,” kata Ardani.

Kedepan semua data akan ditumpukkan di satu tempat Command Center tersebut. Untuk itu, pihaknya tengah mengejar target.

“Itu yang sedang kita kejar target. Kegiatan di instalasi, di Intake, Reservior, termasuk lokasi pelanggan, data-data itu akan ditarik ke Command Center,” ucapnya.

Ia menekankan bahwa kehadiran Command Center di kantor pusat Perumda Tirta Pakuan berukuran sangat besar.

Ia mencontohkan, bila selama ini komunikasi dan koordinasi hanya melalui aplikasi WhatsApp, yang tidak secara real time.

“Kalau nanti real time, kita bisa lebih cepat ambil tindakan apabila ada masalah, misal di hulu ada kekeruhan air tinggi jam 11 malam, secara real time kita bisa persiapkan petugas hingga operator dan pembubuhan. Kan nggak boleh telat, kalau telat beberapa detik saja itu pengaruh ke kualitas air,” jelas Ardani.

Hal itu menjadi salah satu landasan Perumda Tirta Pakuan membuat Command Center secara fungsi di masa mendatang.

Meski terpusat, comand center yang kini ada di wilayah tetap beroperasi, yang datanya akan terpusat di Command Center kantor Siliwangi.

“Ketika ada persoalan di lapangan, sambil rapat kita bisa langsung monitor lokasi secara real time, tentu solusi akan lebih cepat dan efektif,” tutup Ardani.(ded)