Beranda Nasional Endang S Thohari, Salurkan Bantuan Mesin Pertanian Cultivator untuk Kelompok Tani di...

Endang S Thohari, Salurkan Bantuan Mesin Pertanian Cultivator untuk Kelompok Tani di Kabupaten Cianjur

Endang S Thohari, Salurkan Bantuan Mesin Pertanian Cultivator untuk Kelompok Tani di Kabupaten Cianjur
Endang S Thohari, Salurkan Bantuan Mesin Pertanian Cultivator untuk Kelompok Tani di Kabupaten Cianjur

RADAR BOGOR, Hj. Endang S Thohari Anggota Komisi IV DPR RI (A-84), Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan Jawa Barat III meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, bersama Team Rumah Aspirasi Hj. Endang di Kabupaten Cianjur kembali menunjukkan kepeduliannya kepada petani.

Baca Juga : Petugas Gabungan Patroli di Stasiun Bojonggede Cegat Masa Reuni 212

Kali ini dengan memberikan bantuan alat pertanian cultivator kepada 13 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Cianjur. 2/12/21

yamaha-fazzio

Hj. Endang S Thohari bersama Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI, pada kesempatan kali ini memberikan bantuan alat pertanian berupa Cultivator ke 13 kelompok-kelompok tani (poktan) Kabupaten Cianjur, adapun kelompok tani tersebut; poktan parabon, poktan tani mekar, poktan mekar harapan, poktan mandiri, poktan parabon 1, poktan wargi sauyunan, poktan cahaya tani, poktan surupan, poktan barokah, poktan anugrah, poktan makmur jaya, poktan kerta mukti, poktan harum sari di Kabupaten Cianjur, yang mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) 13 unit berupa cultivator atau disebut dengan traktor tangan mini yang merupakan Aspirasi dari Hj. Endang S Thohari.

Hj. Endang menyampaikan, kebutuhan kelompok tani yang melatar belakangi pengajuan bantuan alsintan cultivator ini dikarenakan minim nya tenaga pengolah lahan pertanian sehingga dengan alat pertanian modern berupa cultivator ini, petani lebih mudah dan cepat dalam menggarap lahan pertanian dengan baik dengan menggunakan mesin pertanian cultivator ini.

Tutur Hj. Endang, banyak sekali fungsi dan manfaat dari alat mesin pertanian cultivator ini, antara lain untuk penyiangan dan memberantas tanaman pengganggu (gulma/rumput), untuk pengolahan di lahan kering, lahan bawang merah dan lahan sayur, untuk membuat guludan atau bedengan, untuk memperbaiki aerasi tanah dan mempertahankan kadar lengas tanah, untuk memacu kerja mikroorganisme lebih aktif, untuk mengembangkan penyediaan unsur hara dalam tanah, untuk menggemburkan tanah agar penetrasi akar tanaman pokok lebih mudah dan masih banyak lagi manfaat dari alat pertanian ini untuk membantu para petani di Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Hj. Endang juga menyampaikan, untuk memperkenalkan alat mesin pertanian ini dikalangan masyarakat khususnya diwilayah Kabupaten Cianjur, bisa diadakan pelatihan atau Bimtek dan sosialisasi cara penggunaan dan cara perawatan nya yang benar. Adapun teknik pengoperasian alat mesin cultivator tersebut merupakan salah satu peralatan pertanian modern yang fungsinya untuk mengolah tanah sekunder. Jenis-jenis salah satu mesin pertanian cultivator ini beragam ukuran, sampai cara mengoperasikannya. Tergantung dari luasnya lahan pertanian yang hendak diolah menggunakan mesin cultivator ini. Prinsip kerja mesin ini memang mengolah permukaan tanah. Tetapi untuk mesin yang bentuk geriginya seperti bajak mampu mengerjakan hingga kedalaman tertentu. Hal inilah yang sedikit membedakan kebutuhan tenaga tarikan mesin cultivator dibandingkan pembajakan lahan secara tradisional.

“Mesin pertanian cultivator ini dapat meringankan beban para petani, karena petani masih banyak menggunakan tenaga pembajakan lahan secara tradisional”, kata Hj. Endang melalui Team Rumah Aspirasi Hj. Endang di Kabupaten Cianjur yang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani di Kabupaten Cianjur.

“Hj. Endang berharap kepada petani, untuk memanfaatkan mesin pertanian cultivator ini dengan baik dan harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya”, ujar legislator partai Gerindra ini.

Sementara itu, perwakilan kelompok tani mengucapkan sangat berterimakasih kepada Ibu Hj. Endang dan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI, yang telah memberikan bantuan mesin pertanian cultivator ini, kami akan menjaga dan memanfaat untuk pertanian khususnya di Kabupaten Cianjur ini dengan sebaik-baiknya, karena mesin pertanian cultivator ini sangat membantu dan bermanfaat pagi kami, dan selama ini mesin ini sangat dibutuhkan dan kami kesulitan membeli karena harganya cukup tinggi, melalui Bantuan Aspirasi Ibu Hj. Endang pada saat ini kami selaku kelompok-kelompok tani alhamdulillah sudah mendapatkan dari Ibu Hj. Endang S Thohari.

Tutur Hj. Endang, Semoga dengan adanya bantuan alat pertanian cultivator ini, para kelompok tani mampu meningkatkan produksi tanaman pangan yang berkelanjutan dan kesejahteraan petani meningkat.