25 radar bogor

Punya Teknologi Baru Tangani Wasir, RS Mulia Pajajaran Klaim Bisa Kurangi Rasa Nyeri

RS Mulia Pajajaran bekerja sama dengan Vena Wasir Center, meluncurkan layanan pengobatan penyakit wasir baru pada Selasa (30/11/2021).
RS Mulia Pajajaran bekerja sama dengan Vena Wasir Center, meluncurkan layanan pengobatan penyakit wasir baru pada Selasa (30/11/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, RS Mulia Pajajaran bekerja sama dengan Vena Wasir Center, meluncurkan layanan pengobatan penyakit wasir baru pada Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Motor Oleng, Pengendara Motor Tewas Tabrak Trotoar di Jalan A Yani

Metode baru dalam pengobatan wasir tersebut diklaim dapat meminimalisir rasa sakit kepada penderitanya.
Komisaris RS Mulia, Khrisna Pradana Pranata menjelaskan terdapat tiga teknologi baru yang hadir dalam terapi wasir.

“Teknologi atau teknik tersebut di antaranya terapi PILA, Radiofrekuensi, dan Laser Hemorrhoidoplasty,” ujar Khrisna saat Grand Opening Pelayanan Wasir di RS Mulia Pajajaran Bogor, Selasa (30/11/2021).

Dirinya menyampaikan, terapi baru tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan lebih baik khususnya di bidang penanganan wasir.

“Selama ini penanganan wasir menimbulkan efek samping yang sangat sakit, dengan adanya terapi ini diharapkan membantu masyarakat meminimalkan efek samping dan mempercepat pemulihan”, tambah Khrisna.

Dirinya mengungkapkan RS Mulia menjadi penyedia pertama dan satu satunya di Kota Bogor. “Ini satu-satunya di Bogor dan sekitarnya. Karena cabang lainnya ada di Jakarta, Medan, dan Semarang,” jelasnya.

Meski demikian, Khrisna menjelaskan untuk saat ini terapi tersebut belum dapat ditanggung Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS).

“Saat ini belum dicover BPJS, harapannya ke depan bisa dicover BPJS. Meskipun begitu, ini cukup terjangkau masyarakat yang biasa pakai BPJS,” tambah Khrisna.

Sementara itu, Dokter Spesialis Bedah RS Mulia, dr Andri Mulia memaparkan perbedaan terapi terletak pada lebih minimalnya luka yang dihasilkan dibandingkan dengan operasi konvensional.

“Secara teknik, lukanya lebih minimal. Kemudian lebih meminimalkan rasa nyeri pasca operasi. Karena operasi wasir itu yang paling sakit dan menjadi momok masyarakat,” jelas Andri.

Dirinya menjelaskan dengan teknik laser, penyakit wasir yang diatasi sejak awal tidak akan menimbulkan rasa sakit dalam tindakan penyembuhannya.

Terapi baru yang dihadirkan juga dapat mempersingkat waktu penyembuhan. “Rata-rata waktu penyembuhan operasi konvensional bisa 1-2 minggu. Kalo ini bisa 1-2 hari saja,” tutur Andri.

Dirinya mengungkapkan selama ini pasien penyakit wasir di RS Mulia bisa mencapai 30-40 pasien setiap bulannya.
“Untuk satu RS yang mencangkup wilayah di Kota jumlah ini cukup besar. Ditambah ada beberapa pasien yang tidak memeriksakan diri karena momok rasa sakit operasi wasir,” tutup Andri.

RS Mulia menyediakan promosi potongan biaya 10 persen periode 30 Nopember-30 Desember 2021.(ded/mg2)