25 radar bogor

Hari Dongeng Nasional, Ajari Orang Tua

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Kampung dongeng Pajajaran Bogor menggelar pelatihan di SDN Gadog 01, kecamatan tamansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (27/11/2021) kemarin.

Baca Juga : Pantau Kerumunan Seputar SSA, Kapolresta: Pengunjung Relatif Sudah Divaksin

Pelatihan ini merupakan bagian dari peringatan Hari dongeng nasional yang dilakukan serentak oleh kampung dongeng seluruh Indonesia.

“Acara ini serentak dilakukan kampung dongeng daerah di seluruh Indonesia, dengan puncak acara dilakukan pada hari minggu ( 28/11/2021) lewat zoom,”ujar Pemateri Kampung dongen Pajajaran Bogor Leni Hidayat kepada Radar Bogor Sabtu (27/11/2021).

Ia berharap dengan pelatihan yang dilakukan oleh kampung dongeng Pajajaran Bogor ini orang tua dapat mendongeng di rumah kepada anak anaknya.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, orang tua dapat melakukan dongeng dirumah dengan anak-anak nya. Karena manfaat dongeng selain melatih perkembangan kognitif dan kemampuan verbal, juga dapat membangun kelekatan antara orang tua dan anak,” paparnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Gadog 01, Dudu Kurniadi mengatakan Kegiatan pelatihan dan penuturan mendongeng yang dilaksanakan dalam rangka hari dongeng di SDN Gadog 01.

Selaras dengan program sekolah, sebagai sekolah penggerak angkatan 1 kabupaten Bogor, juga sekolah yang ditunjuk sebagai gerakan literasi sekolah.

“Sekolah mengembangkan dan melaksanakan praktik. salah satu program kami adalah literasi Sosial Budaya. Termasuk mendongeng,”katanya kepada Radar Bogor.

Menurutnya, kegiatan ini adalah kerjasama SDN Gadog 01 dengan Komunitas dongeng Bogor raya. Adapun
Peserta pelatihan ini adalah Guru, orang tua dan peserta didik.

” dihadiri 75 orang dengan tujuan para peserta mampu mengaplikasikan mendongeng dalam kehidupan sehari hari dan dapat mengambil hikmah atau pembelajaran dari tema dongeng untuk menjadikan profil pelajar Pancasila,”tukasnya. (all)