Beranda Metropolis Kawasan Wajib Vaksin Dimulai, Pengunjung Seputaran SSA Diperiksa Petugas

Kawasan Wajib Vaksin Dimulai, Pengunjung Seputaran SSA Diperiksa Petugas

Wajib vaksin Seputaran SSA
Petugas memeriksa salah satu pengunjung yang tengah berolahraga di kawasan wajib vaksin seputaran SSA, Sabtu (27/11/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, Persyaratan wajib vaksin untuk pengunjung maupun wisatawan Kota Bogor mulai diterapkan, Sabtu (27/11/2021). Polresta Bogor Kota menerjunkan hingga 800 personel gabungan.

Baca Juga : Wisata ke Kota Bogor dan Olahraga di SSA Kini Wajib Vaksin

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, pemberlakuan wajib vaksin itu menyasar semua pengunjung, termasuk di sekitar Kebun Raya Bogor (KRB). Kepolisian juga menurunkan timnya di sepanjang jalur Sistem Satu arah (SSA).

“Ini tentunya dalam rangka mengantisipasi lonjakan Covid-19 di Kota Bogor pada akhir tahun. Dengan pola ini, kita sebar anggota gabungan untuk melakukan pemeriksaan kepada siapapun yang akan masuk atau menikmati suasana di KRB atau pedestrian luar KRB,” terangnya, Sabtu (27/11).

Pemeriksaan itu akan menyasar para pengunjung di sekitar SSA. Sustayo memaparkan, ada lima tim yang dipatok berjaga di sepanjang SSA. Mereka akan berjejer setiap 50 meter akan melakukan pemriksaan.

Meski begitu, pemeriksaan diutamakan kepada para pelancong yang berhenti. Mereka yang terus melintas tidak akan dikenai “razia” vaksin tersebut.

“Kami juga sudah menyiapkan tempat vaksin bagi para wisatawan. Kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi sekaligus memberikan solusi,” ungkapnya lagi.

Sebanyak enam shuttle bus telah disediakan untuk mengantar wisatawan ke tempat vaksin. Upaya itu diharapkan Susatyo sebagai langkah pro-aktif pihak kepolisian mengantisipasi kegiatan di akhir tahun.

Kawasan wajib vaksin itu akan diberlakukan setiap akhir pekan (weekend). Polresta Bogor Kota juga bakal melihat hasil dari kebijakan itu. Evaluasi secara berkala akan rutin diterapkan, khususnya di sentra pusat kegiatan masyarakat Kota Bogor, seperti KRB atau SSA.

“Alhamdulilah hari ini masyarakat juga bisa menerima dan memaklumi dilakukan upaya pemeriksaan dan sadar bahwa di kawasan ini wajib untuk mereka yang sudah vaksin. Sampai jam 10 pagi tadi, hampir 300 orang sudah dilaksanakan vaksinasi,” pungkasnya. (mam)

Editor : Yosep