25 radar bogor

Star Energy Geothermal Lanjutkan Program Vaksinasi Tahap 2 di Kabandungan

program vaksinasi gratis untuk masyarakat umum yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi khususnya di Kecamatan Kabandungan.
program vaksinasi gratis untuk masyarakat umum yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi khususnya di Kecamatan Kabandungan.

SUKABUMI – RADAR BOGOR, Star Energy Geothermal (SEG) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi melanjutkan program vaksinasi gratis untuk masyarakat umum yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi khususnya di Kecamatan Kabandungan.

Program vaksinasi untuk usia 12 tahun ke atas ini juga didukung oleh Barito Pacific Group melalui Yayasan Bakti Barito dengan target peserta sebanyak 472 orang di SD Negeri Tangkolo, Kabandungan.

Head of Policy, Government, & Public Affairs SEG, Nungki Nursasongko, mengatakan, kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat dalam kegiatan vaksin kali ini. Program vaksinasi ini merupakan lanjutan dari program vaksinasi sebelumnya yakni pada Oktober lalu.

Meskipun kali ini mayoritas masyarakat mendapatkan vaksinasi tahap kedua, tetapi kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi tahap pertama.

Selain vaksinasi, SEG juga memberikan bantuan berupa minyak goreng bagi masyarakat. Program vaksinasi dan bantuan ini merupakan wujud nyata upaya dari SEG dan Barito Pacific Group melalui Yayasan Bakti Barito untuk mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Direktur Yayasan Bakti Barito, Dian Purbasari, menambahkan, Yayasan Bakti Barito didirikan oleh para pendiri Barito Pacific, induk Star Energy Geothermal dan berfokus untuk menjalankan kegiatan kemanusiaan dan filantropi dari seluruh grup.

Sejak 2020, Yayasan Bakti Barito senantiasa membantu pemerintah pusat dan daerah dalam berbagai upaya penanganan pandemi.

“Kami berharap apa yang kami upayakan ini dapat membantu masyarakat di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukabumi, agar kita bersama-sama dapat segera bangkit melawan pandemi. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Sejak awal pandemi COVID-19, SEG telah memberikan beragam bantuan berupa cover suit/hazmat suit, ventilator, purifying air respiratory, baby incubator electric bed, masker N95, surgical mask, sarung tangan, goggles, hand sanitizer, disinfektan, rubber boots, dan Airvo2 oxygen therapy set.

Bantuan ini telah disalurkan kepada rumah sakit-rumah sakit rujukan pemerintah yang berada di Jakarta, Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, dan Kabupaten Sukabumi. SEG juga turut membantu lebih dari 4.000 anggota masyarakat di sekitar wilayah operasi dengan menyediakan sembako.

Sebagai upaya preventif, SEG turut berpartisipasi aktif mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M yang ketat dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi.

Sementara itu, Camat Kabandungan Nani Rusyanti mengapresiasi perusahaan ini karena kepeduliannya terhadap masyarakat pada masa pandemi COVID-19 dengan ikut membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Tentunya, apa yang telah dilakukan SEG ini bisa menjadi pemicu perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi khususnya Kecamatan Kabandungan untuk bersama-sama ikut membantu pemerintah dalam upaya percepatan proses vaksinasi untuk masyarakat.

“Apa yang dilakukan perusahaan tersebut patut dicontoh, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani kasus COVID-19. Jika ingin pandemi segera berakhir maka seluruh elemen dan pemangku kebijakan harus saling dukung serta berkolaborasi,” katanya.

Di tempat yang sama, salah seorang peserta vaksinasi Asep mengaku terbantu dengan adanya pelayanan vaksinasi massal yang dilakukan pemerintah setempat yang disuport langsung oleh SEG, karena dirinya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos dan menghabiskan waktu untuk mendapatkan vaksin COVID-19 karena cukup berjalan kaki.

“Kami sebagai masyarakat sangat merasa terbantu dan kami pun sadar bahwa vaksin ini sangat penting untuk masa depan kesehatan umat manusia atau masyarakat,” ujarnya. (*)