25 radar bogor

La Sastra 5 Dimulai, Peserta Berkompetisi secara Virtual

La Sastra 5 Dimulai, Peserta Berkompetisi secara Virtual
La Sastra 5 Dimulai, Peserta Berkompetisi secara Virtual

BOGOR-RADAR BOGOR, Ratusan siswa mulai berkompetisi dalam ajang tahunan La Sastra 5. Acara yang diprakarsai SMAN 5 Kota Bogor itu berlangsung secara virtual dengan melibatkan berbagai peserta lintas daerah, Minggu (21/11).

Baca Juga : UMKM Dapat BPJS Ketenagakerjaan

La Sastra 5 ke-20 itu mengangkat tema “Transformasi Generasi Z dalam Melestarikan Sastra yang Kreatif”. Peserta berasal dari tingkat SMP maupun SMA.

Ada delapan kategori yang diperlombakan, yang meliputi tiga lomba untuk SMP dan lima lomba tingkat SMA.

Para peserta tingkat SMP bakal berkompetisi dalam lomba membaca puisi, mendongeng, dan poster.

Sementara, siswa-siswa SMA dan sederajat bakal memperebutkan gelar juara dalam lomba yang mencakup musikalisasi puisi, berbalas pantun, debat, resensi buku, dan monolog.

Ketua Panitia La Sastra 5, Muhammad Adnan Hisyam mengatakan, gelaran tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap peringatan Bulan Bahasa yang jatuh pada Oktober lalu.

Pandemi memaksa mereka untuk melangsungkan acara dengan metode yang berbeda. Mereka membuat terobosan La Sastra 5 secara virtual.

“Banyak hal yang berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kami mencoba membuat terobosan, karena La sastra pertama kalinya dilaksanakan secara daring, tahun ini,” ungkapnya.

Menurutnya, minat dalam bidang bahasa Indonesia dan sastra tetap besar. Hal itu yang memberikan motivasi bagi panitia untuk konsisten melaksanakan La Sastra tahun ini.

Sebanyak 300 peserta berlomba dalam acara yang telah berlangsung sejak Sabtu (20/11) itu. Mereka berasal dari Bogor, Jakarta, Bekasi, Tangerang, hingga Sukabumi.

Meskipun ia tak menampik ada banyak kendala yang mengiringi pelaksanaannya.

Namun, mereka tetap berkomitmen membantu generasi muda lainnya dalam mengambangkan bakat dan minatnya, terutama dalam bidang Bahasa Indonesia.

“Kami berharap, acara yang terselenggara dapat mendorong dan memotivasi generasi muda agar selalu kreatif dalam membuat karya walaupun di masa transisi seperti ini,” tuturnya. (mam)