25 radar bogor

Jadi Korban Mafia Tanah, Nirina Zubir Malah Dilaporkan Balik

Nirina Zubir
Nirina Zubir

RADAR BOGOR, Artis Nirina Zubir dan keluarganya menjadi korban mafia tanah. Enam aset milik mendiang ibunya diambil alih secara ilegal.

Baca Juga : Selesai Jalani Masa Pidana, Habib Bahar bin Smith Bebas Hari Ini

Ironisnya, sang pelaku adalah asisten rumah tangga mendiang ibunda Nirina Zubir, Riri Khasmita.

Kasus ini sudah ditangani petugas kepolisian di Polda Metro Jaya dengan menetapkan 5 orang tersangka, yakni Riri Khasmita, suaminya, dan 3 orang notaris yang telah membantu pengalihan sejumlah aset berharga dengan cara melanggar hukum.

Kini, kasus tersebut memasuki babak baru. Riri dan suaminya melayangkan laporan balik ke Polda Metro Jaya. Mereka melaporkan Nirina dan ibunya dengan tuduhan penyekapan.

“Belum dapat surat panggilan (untuk diminta keterangan sebagai terlapor) sampai sekarang,” ucap Ruben Jeffry, pengacara Nirina Zubir kepada JawaPos.com, Minggu (21/11).

Kabar pelaporan balik oleh tersangka sebelumnya sempat diungkap Nirina Zubir dalam jumpa pers di bilangan Jakarta Selatan. Dia mengetahui hal tersebut setelah sejumlah petugas kepolisian mendatangi rumah keluarganya.

“Mendatangkan 6 polisi kepada keluarga kami jam 10 malam. Saya di sini minta bantu teman-teman, mari kita kawal kasus ini karena orang-orang yang mengerti hukum malah menyalahgunakannya,” kata Nirina.

Riri dan suaminya membuat pelaporan balik dengan tudingan tindak pidana penyekapan setelah keluarga Nirina menggunakan jasa petugas keamanan untuk menjaga aset-aset sengketa tersebut. Namun, menurut Nirina, keluarganya sama sekali tidak merenggut kebebasan Riri dan suaminya. Mereka tetap bisa dengan bebas keluar-masuk rumah tersebut.

“Karena saya pengin ibu tenang, saya harap kasus ini bisa diaelesaikan dan menjadi pembelajaran buat teman-teman supaya berhati-hati. Cek surat surat milik keluarga sendiri karena hal yang kami alami juga bisa terjadi ke orang lain,” papar Nirina Zubir.

Untuk diketahui, enam aset tanah milik mendiang Cut Indria Marzuki, ibunda Nirina Zubir, terletak di bilangan Jakarta Barat. Rinciannya adalah dua aset berupa tanah kosong sementara empat aset lainnya berbentuk tanah dan bangunan. (jawapos)