25 radar bogor

Sebut Puan Capres yang punya Jejak Ideologis, Ini Alasan Analis Komunikasi Politik UPH

S
Suasana diskusi bertajuk “Puan Maharani Calon Presiden : Kenapa Tidak?” di Gedung Joeang ’45 Jakarta, Selasa (16/11/2021). (IST)

JAKARTA-RADAR BOGOR,  Analis Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH),  Emrus Sihombing meyakini Ketua DPR RI Puan Maharani sangat mumpuni sebagai Calon Presiden RI. Dari segi jejak nasionalisme, Puan jelas memiliki ideologi nasionalisme yang jelas dan kuat.

“Harus saya sampaikan bahwa Puan satu-satunya Calon yang saat ini memiliki jejak ideologis yang jelas dan pasti. Jangan lupa, Puan adalah Anak Ideologis sekaligus Anak Biologis Nasionalisme,” ungkap Emrus saat diskusi bertajuk “Puan Maharani Calon Presiden : Kenapa Tidak?” di Gedung Joeang ’45 Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Maka dalam hal menjaga ideologi nasionalisme, kata dia Puan tentu lebih pasti untuk tidak perlu diragukan lagi. “Kalau sekedar ideologis siapa saja masih bisa berubah tetapi Puan lebih dari anak ideologis tapi biologis sehingga sudah pasti tidak akan bergeming sedikitpun komitmennya terkait nasionalisme,” ucap Emrus.

Lebih dari itu pemimpin Indonesia ke depan adalah pemimpin yang memiliki kualitas bukan sekedar mengandalkan popularitas. Karena lanjut dia pemimpin tidak cukup bermodalkan popularitas sebab itu semua bisa dipoles untuk memanipulasi persepsi publik. “Jadi populer itu hanya di permukaan saja sifatnya. Bukan substantif mengenai kualitas seorang pemimpin,” sambung dia.

Menurut Emrus, sosok Puan Maharani adalah pemimpin yang apa adanya, tidak mengedepankan pencitraan, tetapi pemimpin yang bekerja sehingga menimbulkan citra positif. “Saatnya wacana publik kita geser ke kualitas pemimpin bukan sekedar popularitas. Selain itu Puan juga punya manajerial skill dan leadership skill yang baik dan ada keunggulan lain seorang Puan karena dia adalah seorang Ibu. Seorang Ibu memiliki kemampuan mengayomi anak-anak,” pungkasnya. (*/rur)