BOGOR-RADAR BOGOR, Dua atlet putri binaan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Bogor Maita Sitorus dan Neyla Ayu Putri, lolos dalam seleksi tim Jawa Barat untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Youth A-B di Aceh pada 18-25 November 2021, yang dilaksanakan di Wall Climbing Pajajaran Kota Bandung, 14 November 2021.

Namun kedua climber itu, mengurungkan niatnya ikut Kejurnas, karena lebih mengutamakan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) XIV Jawa Barat 2022, yang akan digelar 27 November sampai 4 Desember 2021 di Wall Climbing Cikole Lembang, Kabupaten Bandung Barat dari pada Kejurnas di Aceh.

Hal itu dikatakan pelatih panjat tebing Kota Bogor, Siti Robiah, Senin (15/11/2021).

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

“Pilihan mereka berdua bukan tanpa alasan, tapi karena mepetnya waktu pelaksanaan Kejurnas dengan BK Porprov 2022, sehingga kedua atlet kami lebih memilih fokus untuk persiapan menuju BK,” ujarnya.

Siti Robiah mengatakan, alasan Maita dan Neyla sudah tepat, karena mereka juga khawatir nantinya tidak bisa maksimal pada saat bertanding di BK Porprov, akibat kelelahan. Apalagi tim Jawa Barat pulang dari Aceh ke Bogor tanggal 26 November, sementara pertandingan BK Porprov digelar 27 November, jadi memang waktunya yang tidak memungkinkan, sehingga tidak ada pilihan mereka memilih fokus BK.

“Mereka sudah lama menunggu moment penting untuk tampil di BK. Apalagi dengan persiapan panjang yang sudah mereka jalani selama empat tahun kebelakang, ternyata gagal hanya gara-gara kurang maksimal akibat kelelahan. Apalagi target kami tiket lolos Porprov 2022, maka dari persiapan atlet harus benar-benar dipersiapkan dari sekarang,” katanya menjelaskan.

Obi berharap kepada semua atletnya untuk fokus persiapan diri dalam meraih tiket lolos sebanyak-banyaknya dari semua nomor yang dipertandingkan pada cabang olahraga penjat tebing Porprov 2022, merupakan bukti dari keseriusan FPTI Kota Bogor bersama atlet untuk meraih prestasi emas di ajang Porprov 2022. (*/rur)