25 radar bogor

110 Ribu Anak Usia Dibawah 12 Tahun di Kota Bogor jadi Target Vaksin

110 Ribu Anak Usia Dibawah 12 Tahun di Kota Bogor jadi Target Vaksin
110 Ribu Anak Usia Dibawah 12 Tahun di Kota Bogor jadi Target Vaksin

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 110 ribu anak usia 6-12 tahun di Kota Bogor bakal mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca Juga : Pemkot Janjikan Kenaikan Bonus Atlet Peraih Medali di PON XX Papua

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini masih menunggu surat edaran resmi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dr Sri Nowo Retno menyatakan, hingga kini belum ada surat edaran dari Kemenkes terkait vakasinasi untuk anak-anak.

Ia menambahkan, sembari menunggu surat edaran resmi dari Kemenkes, pihaknya memperkirakan ada 110 ribu anak usia 6-12 tahun di Kota Bogor yang menanti vaksinasi.

“Kurang lebih ada 110 ribu anak. Tapi intinya kan kita masih nunggu edaran Kemenkes itu. Nggak bisa akselerasi sendiri walaupin dropping vaksin masih ada. Harus sesuai tahapan dari kementerian,” jelasnya

Ia pun belum bisa memastikan kapan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-12 tahun. Sehingga ketika sudah turun surat edaran Kemenkes, pihaknya akan melakukan vaksinasi sesuai arahan dari pemerintah pusat.

“Tahun depan? Belum ada info. Ya skema-nya kalau sudah ada edaran Kemenkes ya sesuai arahan saja, misalnya mulai kapan apa pelaksanaan seperti apa,” tandasnya.

Secara umum, kata dia, capaian vaksinasi sudah menembus 87,5 persen. Pihaknya memaksimalkan vaksinasi door to door dan di berbagai sentra vaksin.

“Sudah 87,5 persen. Sentra vaksin tetap dengan lingkup kami. Lalu kami ke wilayah door to door, menyisir. Kerjasama sama dengan posyandu juga, lalu dengan camat lurah, RT, RW yang mendata,” tukas Retno.

Sebelumnya, anak usia 6 hingga 11 tahun kini bisa mendapatkan suntik vaksin Covid-19 jenis Sinovac, usai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merestui pemberian vaksin tersebut.

Lalu bagaimana untuk warga Kota Bogor? Anak-anak di Kota Bogor nampak perlu lebih sabar untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor baru akan memberikan vaksin untuk anak-anak usia 6-11 tahun pada tahun 2022.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, Pemkot Bogor belum membicarakan rencana vaksinasi anak-anak dibawah usia 12 tahun untuk tahun ini dan baru akan melaksanakan terlaksana tahun depan.

“Vaksin anak usia dibawah 12 tahun itu Insya Allah tahun depan. Belum kita bicarakan untuk tahun ini,” katanya, Senin (8/11/2021).

Untuk diketahui, Vaksin Sinovac (CoronaVac dan Vaksin Covid-19 Bio Farma) disetujui untuk penggunaan pada anak usia 6-11 tahun.

Persetujuan ini diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanannya.(ded)