Beranda Pendidikan Hibah Program PTDM, Tim Dosen Unpak Bantu Ciluar jadi Kampung Wisata

Hibah Program PTDM, Tim Dosen Unpak Bantu Ciluar jadi Kampung Wisata

Unpak
Serah terima mesin Kolam bioflok, aquaponic, feeder pakan ikan otomatis, dari Tim Unpak kepada warga di Kelurahan Ciluar

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim program produk teknologi yang didiseminasikan ke masyarakat (PTDM) dari Unpak (Universitas Pakuan) di Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, melakukan serah terima kepada mitra kerjanya.

Baca Juga : Tim Pengabdi Unpak Berikan Pendampingan Pemasaran Online Bakso CS di Cileungsi

Serah terima itu berupa mesin Kolam bioflok, aquaponic, feeder pakan ikan otomatis, lampu penerangan jalan umum tenaga surya, mesin pencacah serbaguna, dan pembangkit listrik tenaga surya.

Ketua Tim PTDM Usep Suhendar menjelaskan bahwa program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu dalam mendukung dan mengembangkan kampung wisata Ciluar dengan berbasis teknologi inovasi.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberdayakan masyarakat terutama pemuda di kelurahan tersebut dan menggerakan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Para mitra sangat merasakan manfaat dari adanya kegiatan ini. Lanjut Usep, tentu dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan tentang pemanfaatan inovasi teknologi dalam mengembangkan kampung wisata Ciluar, serta khususnya para pemuda paguyuban menjadi lebih aktif.

Menurutnya, program PTDM tersebut dibiayai oleh Direktorat Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun anggaran 2021.

Unpak berhasil memenangkan hibah pengabdian kepada masyarakat skema PTDM untuk tim kelompok yang beranggotakan Usep Suhendar, M.Si (Unpak), Linda Jati Kusumawardhani, S.Si, M.Si (Unpak) dan Pandri Fardeas, S.Si., M.Sc (Unila).

Saat ini, mitra-mitra PTDM Unpak antara lain Paguyuban Pemuda Tarikolot dan Pokdarwis Kelurahan Ciluar yang beralamat di Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Sementara, Ketua Paguyuban Ujang Sanusi mengapresiasi program PTDM yang dilakukan Unpak untuk melakukan pengembangan kampung Tarikolot Ciluar.

“Adanya kegiatan ini sangat membantu rekan-rekan pemuda dan turut mengaktifkan kegiatan di paguyuban dalam mengembangkan kampung wisata tarikolot”. Ujarnya ketua paguyuban.

Para mitra tersebut juga sangat kooperatif dalam kegiatan instalasi, uji coba alat, serta diseminasi teknologi. Dan kegiatan tetap berlanjut melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada para mitra. (ded)