25 radar bogor

Jabatan Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI Diprediksi Diperpanjang

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal keturunan PKI
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyiapkan sanksi pidana bagi prajurit yang bertindak kasar saat tragedi Kanjuruhan.
Jenderal Andika Perkasa
Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA-RADAR BOGOR, Panglima TNI terpilih Jenderal Andika Perkasa hanya satu tahun dalam menjalankan tugasnya. Pasalnya pada 2022 mendatang Jenderal Andika Perkasa sudah pensiun dari militer.

Baca Juga : Soal Konflik Papua, Jenderal Andika Perkasa Gunakan Cara Humanis Dibanding Militer

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyahari menduga Presiden Jokowi akan memperpanjang jabatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Sehingga dia bisa pensiun di usia 60 tahun.

“Saya yakin (masa jabatan Jenderal Andika Perkasa) akan diperpanjang,” ujar Abdul Kharis kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menuturkan ada dua kemungkinan Jenderal Andika Perkasa akan diperpanjang masa tugasnya sebagai Panglima TNI. Pertama dibuat Peraturan Presiden (Perpres) terkait perpanjangan masa kerja perwira tinggi TNI.

Menurut dia, untuk mengubah masa jabatan tersebut harus melalui revisi UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, namun hal tersebut sudah direncanakan tetapi belum dilaksanakan pemerintah.

“Selama ini (UU TNI-Red) mau direvisi kan, namun belum mulai karena itu usulan daripemerintah. Saya melihat (jabatan perwira tinggi TNI) akan diperpanjang,” katanya.

Abdul Kharis menuturkan, masa kerja tamtama dan bintara kemungkinan juga akan naik menjadi 58 tahun. Sehingga kata dia ada peluang perwira tinggi juga akan naik sampai 60 tahun.

“Saya tidak berbicara pasti diperpanjang atas nama Jenderal Andika Perkasa sendiri, namun saya yakin (masa jabatan Panglima TNI ke depan-Red) sampai 60 tahun, itu artinya berakhir pada 2024,” ungkapnya.

Sebelumnya, rapat paripurna DPR telah menyetujui Jenderal Andika Perkasa untuk menjadi Panglima TNI terpilih menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Diketahui, Presiden Jokowi memilih Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang telah memasuki masa pensiun pada November 2021 ini. (jpg)