Beranda Pendidikan Kembangkan Eksistensi Bahasa dan Sastra, Siswi SMAN 2 Cibinong Juara

Kembangkan Eksistensi Bahasa dan Sastra, Siswi SMAN 2 Cibinong Juara

Kembangkan Eksistensi Bahasa dan Sastra, Siswi SMAN 2 Cibinong Juara
Kembangkan Eksistensi Bahasa dan Sastra, Siswi SMAN 2 Cibinong Juara

RADAR BOGOR, Siswi SMAN 2 Cibinong, Amelia Rizky mengharumkan Cadisdik Wilayah 1 dan Kabupaten Bogor.

Polemik At-Taufiq, DPRD Segera Panggil Semua Pihak Terlibat

Ia dengan meraih penghargaan Juara 2 tingkat nasional lomba pidato pada Lomba Esai, dalam Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh SOCIETY OF PETROLEUM ENGINEERS UNIVERSITAS GADJAH MADA.

pmb universitas nusa bangsa bogor

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sriwijaya Tahun 2021.

Dengan tema Mengembangkan Eksistensi Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2021.

Dalam lomba, Amelia mengangkat judul “Anak Muda Adalah Harta Paling Berharga Dalam Meningkatkan Eksistensi Bahasa dan Sastra pada Era Globalisasi”.

Amelia Rizky menyampaikan, bahwa remaja Indonesia harus menjunjung tinggi Bahasa Indonesia.

Menurutnya, Bahasa Indonesia adalah pemersatu bangsa ini merupakan topik yang selalu memiliki daya tarik tersendiri.

Terlebih lagi bagi kalangan pelajar. Bahasa merupakan salah satu aspek yang menyatukan berjuta-juta suku, ras, agama, dan golongan.

Yang sekarang sudah sering dikesampingkan dengan banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Mulai dari media sosial, pernikahan lintas budaya/ Negara, yang membuat anak-anak menjadi lebih fasih dalam penggunaan bahasa asing daripada bahasa Indonesia dirumah.

“Sampai saat ini, banyak sekolah-sekolah yang mengutamakan atau mendominankan bahasa asing dalam berbicara di lingkungan sekolah ketimbang bahasa Indonesia,” papar Amelia.

Dapat dibayangkan, katanya, betapa sedih dan kecewanya jika para pahlawan negeri ini mengetahui. Bahwa anak-anak bangsa sudah lebih mendominankan bahasa asing. Menganggap bahasa Indonesia seperti kehilangan nilainya.

Eksistensi dan jati diri Bahasa Indonesia pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, perlu dijaga dan dipergunakan dengan baik oleh setiap warga negara Indonesia.

“Hal ini diperlukan agar bangsa Indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh dan budaya asing yang tidak sesuai dengan bahasa dan budaya bangsa Indonesia,” terangnya kepada Radar Bogor.

Menurutnya, pengaruh alat komunikasi yang begitu canggih, untuk mempertahankan jati diri bahasa Indonesia. Ini semua menyangkut tentang kedisiplinan berbahasa nasional.

Kedisiplinan pemakai bahasa Indonesia adalah dengan patuh terhadap semua kaidah berbahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Cibinong, Elis Nurhayati mengatakan, sekolah turut bangga atas prestasi yang telah diraih Muhammad Alvaro Riandi dan Amelia Rizky.

“Semoga raihan prestasi ini menjadi booster yang mendorong para peserta didik SMAVO dan sekolah lainnya untuk semakin berprestasi dan menjadi peserta didik yang gemar membaca, cerdas berkarakter,” tegasnya. (pem)

bank mandiri kopra