Beranda Metropolis Bima Arya Bahas Smart City dengan Dubes Finlandia

Bima Arya Bahas Smart City dengan Dubes Finlandia

Bima Arya Bahas Smart City dengan Dubes Finlandia
Bima Arya Bahas Smart City dengan Dubes Finlandia

RADAR BOGOR, Duta Besar Finlandia di Republik Indonesia Jari Sinkari melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di Balai Kota Bogor, Selasa (26/10/2021).

Prakiraan Cuaca: Bogor Diprediksi Hujan Lebat Sejak Siang Hingga Malam

Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Mulai dari membahas kerjasama di bidang smart city, pendidikan hingga pelayanan publik.

universitas pakuan unpak bogor

Tak ketinggalan, di akhir obrolan Bima Arya juga meminta resep bahagia kepada Jari Sinkari lantaran Finlandia kembali didapuk sebagai negara paling bahagia di dunia pada 2020 dalam World Happiness Report 2021.

“Pak Dubes, bolehkah saya menanyakan satu pertanyaan sederhana? Saya dengar negara anda memiliki indeks kebahagiaan tertinggi di dunia. Apa rahasia dibalik hal itu?,” ungkap Bima Arya dalam bahasa Inggris.

Sinkari menjawab, “Rahasia dibalik pemeringkatan itu adalah bahwa penilaian tidak hanya didasarkan pada perasaan subjektif dari penduduk, tapi juga mencakup akses terhadap pendidikan, sarana kesehatan, dan pelayanan publik yang baik. Jadi saat semua parameter itu digabungkan, itulah kunci yang dimiliki Finlandia.”

“Dan menurut saya, Kota Bogor juga sudah berada di jalur yang tepat untuk menjadi kota paling bahagia di Indonesia,” tambahnya.

Bima Arya kemudian meminta izin untuk mengajukan dua pertanyaan lagi. “Ok. Dua pertanyaan lagi. Dari skala 0 sampai 10, sebahagia apa anda saat tinggal di Finlandia?,” kata Bima.

“Dengan pertimbangan selalu ada kesempatan untuk berkembang, saya beri nilai 9 dari 10,” jawab Dubes Sinkari.

“Satu pertanyaan terakhir. Dari skala 0 sampai 10, sebahagia apa anda saat tinggal di Jakarta?,” tanya Bima.

“Saya beri nilai 8. Saya rasa penduduknya yang membuat nyaman tinggal di Jakarta. Orang-orangnya sangat ramah. Bahkan menurut saya ini adalah ibukota paling ramah yang pernah saya datangi. Karena orang-orangnya selalu tersenyum, selalu mau membantu. Terkadang mereka tidak bisa berbahasa inggris dengan baik, tapi mereka selalu berusaha dan itu sangat membantu,” pungkas Sinkari.

Pertemuan ini kemudian ditutup dengan memberikan cinderamata oleh Bima Arya kepada Sinkari berupa miniatur Rusa.

bank mandiri kopra