25 radar bogor

TP-PKK Kabupaten Bogor Bantu Pemkab Kurangi Limbah

Bupati Bogor, Ade Yasin meninjau stand UMKM di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (26/10/2021). Hendi Novian
Bupati Bogor, Ade Yasin meninjau stand UMKM di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (26/10/2021). Hendi Novian

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kurangi limbah di Kabupaten Bogor, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) gelar lomba daur ulang kain perca.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Tegar Beriman, Selasa (26/10) dihadiri Bupati Ade Yasin.

Fobia Jarum Suntik, Firman Luluh Depan Letda Ayu

Dalam paparannya, Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, saat ini jumlah sampah mencapai 2.800 ton perhari.

Namun, yang bisa ditangani efektif hanya 600 ton perhari oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Untuk itu, lanjutnya, perlu mengubah cara fikir masyarakat dalam mengelola sampah.

Ia berharap, melalui lomba daur ulang sampah kain perca ini, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap limbah. Serta dapat mengembangkan ekonomi kreatif.

“Tentu ini bisa menambah penghasilan, selain bagus ini karya yang harus kita hargai,” cetusnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, produk daur ulang kain perca ini layak untuk dipamerkan dan dipasarkan, di tingkat yang lebih besar. Seperti mall maupun galeri.

“Saya kira ini menarik, jika dipasarkan bisa memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Bahkan bisa juga diikutsertakan dalam pameran, tidak hanya lingkup Kabupaten Bogor juga diluar kota,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PKK Halimatu Sadiyah mengungkapkan, lomba daur ulang berbahan dasar kain perca meningkatkan peran aktif masyarakat.

Khususnya dalam mengurangi sampah hingga bernilai ekonomi.

“Ini upaya dalam mengatasi pencemaran lingkungan, meningkakan kreativitas dalam mengolah sampah, menghasilkan barang baru bernilai ekonomi tinggi, serta menjaga ekosistem makhluk hidup,” tutupnya. (Abi)