25 radar bogor

Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 : Harus Tetap Optimis

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia mencari striker untuk dibawa ke Piala AFF U-23.

RADAR BOGOR-Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 dimulai sore nanti (Siaran langsung SCTV mulai pukul 18.30 WIB).

Shin Tae-yong Ditarget Membawa Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games

Garuda Muda akan menghadapi Australia di leg pertama Grup G Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Laga Ini wajib mereka menangkan dan Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong meminta anak asuhnya tetap optimis dan percaya diri.

Dengan mundurnya China dan Brunai Darussalam, Indonesia memang tidak punya pilihan lain selain mengalahkan Australia Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, petang nanti. Pasalnya, hanya juara grup yang akan melenggang ke Piala Asia tahun depan.

“Pertandingan nanti sangat penting bagi kami, karena dua lawan sudah mengundurkan diri. Kami harus mengalahkan Australia,” kata Shin Tae-yong dikutip dari situs resmi PSSI, Senin (25/10/2021).

Australia hanya membawa pemain U-21 untuk pertandingan dua leg kontra Timnas Indonesia U-23. Namun, Shin menegaskan mereka tidak boleh lengah. “Kami akui Australia tim yang kuat, tetapi kalau kami kerja keras dan percaya diri pasti akan dapat hasil terbaik,” tegas Shin Tae-yong.

Menyambut laga ini, Timnas Indonesia U-23 melakukan dua uji coba. Dua laga kontra Tajikistan dan Nepal tersebut berhasil dimenangkan Asnawi Mangkualam Bahar dkk. Pada uji coba pertama, Tim Garuda menang 2-1 atas Tajikistan. Sementara di partai kedua, mereka menggasak Nepal dua gol tanpa balas.

Bagi Shin, dua laga itu sudah cukup bagi anak didiknya. “Kami mempersiapkan semuanya dengan baik dan datang lebih cepat ke sini. Sebelumnya kami melakoni dua laga uji coba dengan Tajikistan dan Nepal,” jelasnya.

Meski begitu, Shin menegaskan belum memutuskan starting XI Timnas Indonesia U-23. “Terkait formasi dan siapa yang akan turun kami masih belum bisa menyampaikan karena juga melihat kondisi pemain hingga jelang pertandingan,” tandasnya.

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Muhammad Kanu Helmiawan menambahkan, secara umum, seluruh pemain siap menghadapi laga ini. Menurutnya, Shin sudah mempersiapkan taktik yang terus mereka matangkan jelang pertandingan.

“Pelatih terus memberikan materi pematangan taktik dan strategi kepada kami jelang melawan Australia. Seusai melakoni dua uji coba, kami terus fokus dan kerja keras demi meraih hasil terbaik melawan Australia,” kata Kanu.

“Yang jelas tim masih ada kekurangan masih ada perbaikan. Seperti transisi, penempatan posisi dan lain-lain,” lanjut pemain kelahiran 27 April 2001 tersebut.

Pemain Persis Solo tersebut didaulat sebagai kapten pada uji coba terakhir dan ia menyatakan kesiapannya kembali menggalang lini tengah Timnas Indonesia U-23. “Saya sangat senang menjadi kapten. Ini menjadi tambahan motivasi saya,” klaimnya.

Gelandang lainnya, Witan Sulaeman juga percaya mereka sangat siap berduel dengan Australia. Namun, pemain asal klub Lechia Gdansk itu mengaku timnya masih harus membenahi beberapa hal jelang kickoff.

“Komunikasi di lapangan kami harus perbaiki. Selain itu kami harus terus bekerja keras dan fokus 90 menit pertandingan. Kami berharap mendapatkan performa terbaik saat laga melawan Australia nanti. Karena kami ingin lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022 mendatang,” jelas Witan.

Sayangnya, untuk laga ini, Timnas Indonesia U-23 tidak akan turun dengan kekuatan terbaiknya. Itu setelah Syahrian Abimanyu dan Egy Maulana Vikri dipastikan absen. Syahrian harus kembali ke Malaysia untuk memperkuat klubnya, Johor Darul Ta’zim. Sedangkan Egy tidak diizinkan FK Senica memperkuat Timnas Indonesia U-23 sehingga harus kembali ke Slovakia.

Tak hanya Syahrian dan Egy, Indonesia juga tidak bisa memainkan Elkan Baggott. Pemain keturunan Inggris itu sejak Juni tidak mendapat izin dari klubnya, Ipswich Town untuk bergabung dengan skuat asuhan Shin karena masalah pandemi covid-19.

Di kubu Australia, berbekal kemenangan 2-1 atas Al Jazira U-21 dan 4-0 kontra African Selection, mereka juga menegaskan kesiapan menghadapi Indonesia. Pelatih Sementara Olyroos, sebutan Australia U-23, Trevor Morgan mengatakan, 10 hari berlatih bersama sudah lebih dari cukup bagi mereka.

“Sangat menyenangkan melihat betapa berartinya bagi para pemain untuk berkumpul bersama. Mereka senang mewakili Australia setelah tak memiliki kesempatan untuk waktu yang lama,” tegas Morgan dikutip dari Herald.

Ia mengklaim 21 pemain yang ia siapkan sangat bersemangat menyambut laga ini. “Kami senang dengan energi dan antusiasme pemain sejak tiba di Dubai. Sebagian besar pemain sekarang sudah berada di kamp dan telah melakukan pekerjaan fantastis di latihan,” tuturnya.

Morgan sendiri menjelaskan alasan Australia menurunkan pemain U-21. Menurutnya, itu karena tim ini mereka proyeksikan untuk Olimpiade 2024.

“Skuat yang kami pilih memberikan pandangan nyata ke masa depan, dengan inti usia yang memenuhi syarat untuk bersaing di Olimpiade Paris 2024 dalam waktu tiga tahun,” jelasnya.

Australia menyiapkan pemain muda terbaiknya untuk duel ini. Termasuk memboyong tujuh pemain yang berkarier di luar Australia; Lachlan Brok (Brentford B), Kai Calderbank Park (Connah’s Quay DC), Jordan Courtney Perkins (Radkow Czestochowa), Jacob Italiano (Borussia Monchengladbach II), Fabian Monge (Xanthi FC), Marc Tokich (Mjallby AIF), dan Luka Prso (Wellington Phoenix FC).

Timnas Indonesia U-23 dan Australia akan kembali berduel pada leg kedua Jumat, 29 Oktober mendatang di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan. Pemenang duel dua leg ini akan lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022 yang akan dihelat di Uzbekistan. (amr)

Prakiraan Pemain

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Alfreanda Dewangga, Rizky Ridho, Pratama Arhan; M Kanu Helmiawan, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman; Bagus Kahfi, Hanis Sagara, Ramai Rumakiek

Pelatih: Shin Tae-Yong

Timnas Australia U-23 (4-3-3): Nicholas Suman; Lewis Miller, Mark Tokich, Jordan Courtney-Perkins, Lewis Mauragis; Luka Prso, Fabian Monge, Luke Duzel; Lachlan Brook, Noah Botic, Jacob Italiano

Pelatih: Trevor Morgan