25 radar bogor

Perkuat Kamtibmas, Lantik Pengurus Polmas Bogor Raya Tingkat Wilayah

Pelantikan Polmas Bogor Raya
Ketua Polmas Bogor Raya Rino Indira Gusniawan, saat melantik para pengurus wilayah Polmas Bogor Raya di restoran Shabugram, Kecamatan Tanah Sareal, Senin (25/10/2021) malam.

BOGOR-RADAR BOGOR, Polmas Bogor Raya memperkuat jaringannya dalam hal kemanusiaan, keamanan, dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kota Bogor.

Rudi Harsa Pantau Pemberlakuan PPKM di Kota Bogor

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Polmas Bogor Raya Rino Indira Gusniawan, usai melakukan pelantikan para pengurus wilayah Polmas Bogor Raya di restoran Shabugram, Kecamatan Tanah Sareal, Senin (25/10/2021) malam.

“Hari ini pengukuhan para pengurus wilayah yang tertunda, awalnya September 2020 sebelum masa Covid-19 Kota Bogor,” kata Rino usai pelantikan.

“Kami akan fokus dua kegiatan yaitu Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta kemanusiaan, jadi mulai hari ini saya mengajak pengurus wilayah dalam program Polmas Bogor Raya ini,” ungkapnya.

Rino melanjutkan, pertama pihaknya berkontribusi Kamtibmas keamanan wilayah, memberikan informasi kondisi terkini di wilayah, karena anggota Polmas Bogor Raya banyak yang menjadi petugas kemanan di wilayah masing-masing.

“Kedua kami aktif di SAR, kemarin terjun di Sungai Cileungsi. Kami juga akan melakukan beberapa pelatihan rescue di sungai. Kemudian ada kegiatan beberapa yang bersifat kemanusiaan,” tambahnya.

Polmas Bogor Raya juga siap apabila dibutuhkan untuk mencegah aksintawuran siswa tingkat SMP maupun SMA/SMK Kota Bogor, terlebih saat ini sudah dimulai pembelajaran tatap muka (PTM).

Ia membeberkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polresta apakah bisa berkontribusi menjaga siswa tawuran, dengan memanfaatkan sebanyak 700 anggota di enam wilayah Kota Bogor.

“Dengan jumlah personil itu, Insya Allah bisa berkontribusi mencegah tawuran pelajar ini. Di dalamnya ada Babinsa dan Babinkamtibmas, pihak kelurahan juga kecamatan,” bebernya.

Rino menjelaskan, selama ini paling banyak pihaknya melakukan kegiatan bidang kemanusiaan, dan menjadi yang paling menonjol dalam kegiatanya.

“Kedepannya kami akan meminta dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor bagaimana soal Kamtibmas ini dan bagaimana keterlibatan Polmas Bogor Raya,” jelasnya.

Rino juga mengatakan, setelah pelantikan pengurus wilayah, pihaknya akan membuat program kerja. Sedangkan untuk pengurus wilayah yang habis masa pengabdiannya, diperpanjang tiga bulan untuk diberikan kesempatan memilih pengurus baru.

“Kami sinergikan antara pengurus pusat dan wilayah. Saat ini kami juga mendapat kehormatan untuk mengikuti pelatihan SAR di pemerintah pusat, anggota kami dilatih rescue di lapangan, kami satu-satunya dari Kota Bogor,” tukasnya.(ded)

Editor : Yosep