25 radar bogor

Uji Coba Srikandi, Sekda: Saya Minta Terhubung sampai Desa

Sekda Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Burhanudin saat ekspose uji coba aplikasi srikandi di gedung serbaguna. (25/10/2021).
Sekda Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Burhanudin saat ekspose uji coba aplikasi srikandi di gedung serbaguna. (25/10/2021).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor lakukan ekspose uji coba, penerapan sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (Srikandi) sebagai efektifitas persuratan.

Ancam Keselamatan Warga, Camat Minta Galian C Luna Ditutup

“Saya ingin aplikasi Srikandi ini bisa terhubung sampai tingkat Pemerintah Desa. Karena arsip itu sifatnya, ada arsip aktif dan arsip in aktif. Bahkan ada yang rahasia,” kata Sekda Burhanudin.

Dirinya minta untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Mendukung optimalisasi penerapan aplikasi tersebut.

“Agar kedepan dokumen penting dan rahasia bisa terarsipkan secara digital dengan baik. Mulai dari dokumen pembangunan, perizinan, pemeliharan jalan, dan lainnya,” tegasnya.

Senada, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor, Luthfi Syam mengaku, pembuatan sudah menjadi kesepakatan antara Kemkominfo dan Kemenpan.

“Kondisi ini seiring dengan kewajiban baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE),” ucapnya.

Selain itu, beberapa langkah konkrit telah dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika. Salah satunya membuat akun 20 di perangkat daerah dan 10 kecamatan.

“Kami juga telah melakukan penginputan tata persuratan berupa template tata naskah dinas, kode klasifikasi surat, masa simpan surat dan jak akses ke dalam master data Srikandi sehingga ada keseragaman,” pungkasnya. (Abi)