25 radar bogor

Kabar Gembira, Pemerintah Beri Sinyal Kenaikan Upah Minimum Tahun Depan

Ilustrasi UMP 2023
Ilustrasi UMP 2023

JAKARTA-RADAR BOGOR, Para buruh atau pekerja mendapat harapan soal upah minimum pada 2022. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberi sinyal ada kenaikan upah minimum di tahun depan.

Resmi! Upah Minimum Tahun Depan Tak Naik, Sama dengan Tahun Ini

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Kemenaker Indah Putri Anggoro mengatakan ada potensi kenaikan upah minimum pada 2022.

Namun, penetapan upah minimum 2022 yang mengalami kenaikan mungkin belum dapat memenuhi ekspektasi sebagian pihak.

Akan tetapi harus diapresiasi sebagai langkah maju, mengingat saat ini masih dalam masa pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

”Hal ini tentunya lebih baik dibandingkan dengan tahun 2021 lalu yang tidak terdapat kenaikan upah minimum,” ujar Indah Putri Anggoro keterangannya, Sabtu (23/10/2021).

Indah Putri meminta semua pihak bisa saling menahan diri agar dapat segera keluar dari tekanan akibat pandemi Covid-19. Pada prinsipnya, penetapan upah minimum bertujuan mewujudkan sistem pengupahan yang berkeadilan bagi seluruh pihak.

Dalam konteks ini tentu untuk mencapai kesejahteraan pekerja/buruh, namun dengan tetap memperhatikan kemampuan perusahaan dan kondisi perekonomian nasional.

“Jadi tak hanya berpikir kesejahteraan pekerja/buruh, tapi juga berpikir atau memperhatikan kemampuan perusahaan,” tuturnya.

Dengan begitu, kelangsungan bekerja dapat terjaga dan dapat mendorong perekonomian nasional.

Indah Putri berharap para pihak terkait tidak hanya berkutat pada upah minimum. Tapi, juga mendorong perjuangan kepada upah berdasarkan struktur dan skala upah sebagai wujud produktivitas. Dengan demikian, ketika produktif naik, maka meningkatkan daya saing.

Terkait penetapan upah minimum 2022 sendiri, Putri mengaku sudah menggelar dialog dengan berbagai pihak.

Terbaru, Kemenaker menggelar dialog dewan pengupahan nasional (Depenas) dan Badan Pekerja Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional (Tripnas) pada 21-22 ktober 2021.

Dialog itu sebagai persiapan dan penyamaan pandangan khususnya mengenai mekanisme penetapan upah minimum, sejalan dengan berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

Menurut Putri, dalam pertemuan itu dibahas mengenai hal-hal strategis yang perlu disiapkan untuk penetapan upah minimum dan isu-isu yang berkembang terkait penetapan upah minimum.

Depenas dan LKS Tripnas juga diklaim sepakat untuk mendorong penetapan upah minimum yang sesuai dengan ketentuan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

”Bagi para pihak yang tidak puas, mereka bisa menggunakan mekanisme gugatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya. (jpg)