25 radar bogor

Balapan Terakhirnya di Kandang, Rossi Siapkan Helm Spesial

Valentino Rossi
Valentino Rossi menunjukkan helm spesial untuk balapan terakhirnya di Misano malam ini.

RADAR BOGOR—Valentino Rossi akan melakoni balapan terakhirnya di kandang di MotoGP 2021 Misano Minggu (24/10/2021) malam ini.

Start dari Posisi 15, Bisakah Quartararo Kunci Gelar Juara MotoGP 2021 Malam Ini?

Untuk balapan ini, Rossi meluncurkan desain helm khusus yang menampilkan gambar hati kuning.

“Saya pikir helm itu indah. Ini pesan yang bagus. Terima kasih banyak atas semua dukungan sepanjang karir saya selama ini, untuk semua penggemar saya yang selalu fantastis. Ini yang terakhir, helm spesial terakhir. Kami tidak membuat helm khusus untuk Valencia. Kami akan melakukan sesuatu yang lain di sana tapi bukan itu,” jelas Rossi di Crash.

Menurut Rossi, balapan malam ini akan menjadi momen yang sangat emosional bagi dirinya. “Tetapi pada saat yang sama Anda harus tetap berkonsentrasi dan membuat balapan. Jadi itu tidak mudah. ​​Tapi saya senang kami bisa mengatakan Ciao kepada semua penggemar saya di Misano,” ujarnya.

Momen balapan makin emosional sebab ini adalah peringatan sepuluh tahun meninggalnya rider Italia, Marco Simoncelli di Sepang, Malaysia.

“10 tahun. Itu sudah lama sekali. Saya akan mengingat selamanya setelah balapan di Malaysia, itu adalah salah satu momen terburuk dalam hidup saya di Sepang tepat setelah balapan,” kenang Rossi.

“Saya putus asa. Maksud saya, ini adalah salah satu momen di mana Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mencoba dan melanjutkannya. Sayangnya, itu adalah perasaan yang tak terlupakan. Tapi setelah itu juga lebih buruk. Kami kehilangan pebalap hebat yang pasti bisa membuat karir yang hebat dan pertarungan hebat dengan para pebalap modern. Tapi saya juga kehilangan seorang teman baik,” tuturnya.

Rossi menceritakan bagaimana kdekatan dirinya dengan Simoncelli serta perannya dalam akademi balap yang ia bikin. “Saya berbagi banyak waktu bersama dengan Marco, terutama di tahun-tahun terakhir dari 2006 hingga 2011.  Saya selalu mengatakan Marco adalah pebalap pertama Akademi,” jelasnya.

“Kami memulai untuk pertama kalinya dengan Marco untuk membantu pebalap lain dengan pelatihan dan dengan dukungan dan pengalaman saya. Ketika saya melihat para pebalap dan Akademi sekarang, saya selalu ingat Marco,” kenang Rossi.

Rossi sendiri akan memulai balapan hari ini dari posisi ke-23. “Itu sangat, sangat sulit sejak pagi ini. Saya tidak pernah memiliki perasaan yang baik dengan ban, atau motor. Pada akhirnya posisi untuk besok tidak fantastis, tetapi ramalan cuaca lebih baik. Saya berharap untuk balapan kami dapat memiliki matahari, kondisi yang lebih normal dan kami harus mencoba untuk membuat hasil yang lebih baik,” tegasnya.

Meski begitu, ia bangga sebab sang adik, Luca Marini akan start di grid depan, yakni posisi ketiga. “Luca hari ini luar biasa! Saya sangat bangga dan senang untuknya untuk barisan depan ini. Dia membalap dengan sangat baik. Sejak Jumat pagi dia selalu di depan. Hari ini dengan kondisi sulit ini dia mampu membuat lap yang fantastis,” katanya.

Menurut Rossi start di barisan depan sangat bagus untuk rookie seperti Marini. “Dan dia dekat dengan pole position. Ini sangat penting baginya untuk masa depannya, karirnya. Dia memiliki kecepatan, bakat, untuk melakukan beberapa hal bagus,” tandasnya. (amr)