25 radar bogor

Masuk Penilaian Enam Besar, Tim Juri Bogorku Bersih Datangi Kantor OPD

Bogorku Bersih
Tim Juri Bogorku Bersih 2021 saat melakukan penilaian di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Juri Lomba kebersihan tingkat RT, Bogorku Bersih 2021 mulai melakukan penilaian enam besar kategori organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bogor.

Lomba Bogorku Bersih Berhasil Kurangi Produksi Sampah

Lomba kebersihan yang memasuki tahun keenam ini, kini memasuki tahap penilaian.

Tim Juri Bogorku Bersih 2021 yang diketuai Awaluddin Sarmidi mendatangi Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

Di sana Tim Juri Bogorku Bersih diterima Sekretaris Dinkes Kota Bogor Erna Nuraena.

Selain Dinkes, ada sembilan OPD yang kali ini didatangi, rinciannya Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Kemudian, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Sosial, Kecamatan Bogor Utara, dan terakhir Kecamatan Tanah Sereal.

Awal membagi timnya untuk melihat beberapa unsur yang menjadi penilaian, selain penanganan sampah setiap dinas, juga memastikan keberadaan resapan biopori.

Kemudian, pengolahan limbah medis, ruang khusus smoking yang disediakan di DPRD, juga kaitan keindahan dan keasrian lingkungan kantor dinas.

“Secara umum penilaian utamanya ada beberapa unsur yang harus dipenuhi,” kata Awal, Senin (21/10/2021).

Pertama, kata dia, unsur yang dinilai terkait keindahan dan keasrian, ke dua yang menjadi penilaian adalah bagaimana sanitasi lingkungan di masing-masing dinas.

“Ketiga kita juga melihat pengelolaan sampah kita ingin tahu manajemennya,” kata Awal.

Unsur ke empat, Tim Juri Bogorku Bersih menilai apakah ada kebijakan yang diterapkan terkait beberapa unsur yang dinilai secara internal dan eksternal masing-masing OPD.

Sebelumnya, lomba kebersihan tingkat RT, Bogorku Bersih 2021 siap dilaksanakan. Penilaian pun tidak hanya menyasar kebersihan di lingkungan masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Penanggung Jawab Bogorku Bersih, Hazairin Sitepu. Ia menyebutkan, pandemi masih menyelimuti pelaksanaan lomba tahun ini. Bahkan, menjadi tahun kedua pelaksanaan selama pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, ia menginginkan agar penilaian tidak semata-mata hanya melihat aspek kebersihan lingkungan. Pendekatan penanganan Covid-19 di tengah masyarakat masih harus menjadi penilaian utama.

“Gerakan tahun ini nanti akan melihat pendekatan apa lagi yang bisa kita lakukan. Gerakan ini bagusnya tetap lebih berbasis Covid-19. Bagaimana masyarakat itu bisa melaksanakan Bogorku Bersih dengan pendekatan Covid-19. Apa korelasi penanganan Covid-19  dengan lingkungan yang sehat,” papar lelaki yang juga CEO Radar Bogor Group ini, pada talkshow dan launching Bogorku Bersih 2021, di Graha Pena Radar Bogor, Kamis (25/2/2021).

Ia berharap pelaksanaan tahun ini bisa lebih sukses dibanding tahun sebelumnya. Meski pandemi, masyarakat terbukti masih bisa mengelola lingkungannya dengan baik. Gelaran Bogorku Bersih  2020 terbukti berjalan dengan sangat baik.

Launching Bogorku Bersih 2021 digelar secara simbolis di Graha Pena, Kamis (25/2/2021). Acara itu dirangkaikan dengan gelaran talkshow yang menghadirkan beberapa tokoh lingkungan, termasuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto. (ded/mg2)

Editor : Yosep