Beranda Nasional Kunjungi Kampung Baduy, Bogor Sahabats Salurkan Bantuan Musibah Kebakaran

Kunjungi Kampung Baduy, Bogor Sahabats Salurkan Bantuan Musibah Kebakaran

Kampung Baduy
Pentolan Bogor Sahabats Hazairin Sitepu saat menyerahkan bantuan ke Kampung Baduy, Selasa (19/10/2021).

BOGOR – RADAR BOGOR, Komunitas Bogor Sahabats (Bobats) menyambangi Kampung Baduy di Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Banten, Selasa (19/10/2021).

Upaya Vaksinasi Covid-19 di Perkampungan Baduy, Antisipasi dengan Air Jahe-Gula Merah

Mereka menyalurkan sejumlah bantuan untuk korban kebakaran di kampung tersebut.

universitas pakuan unpak bogor

Total bantuan yang disalurkan sebanyak Rp20 juta. Uang santunan itu diserahkan langsung kepada Kepala Adat Masyarakat Kampung Baduy di lokasi kebakaran.

Rombongan sekaligus melihat sendiri bagaimana kondisi bekas-bekas rumah warga Kampung Baduy yang ludes dilalap api.

Pentolan Bogor Sahabats, Hazairin Sitepu mengakui, sumbangan itu tentu tak bisa membangun kembali semua rumah yang terbakar di lingkungan itu.

Total sebanyak 16 rumah dan 1 lumbung padi di Kampung Baduy yang rata dengan tanah. Itu menyisakan sekira 6 rumah lainnya. Lantaran kampung itu ditinggali oleh 24 kepala keluarga (KK).

“Kami memberikan sumbangan alakadarnya. Semoga juga rumah-rumah ini segera selesai dibangun. Ini tidak seberapa lah, tapi paling tidak bisa meringankan beban yang sedang dipikul teman-teman di Kampung Baduy,” ungkap lelaki yang juga CEO Radar Bogor Group ini.

Ia menyempatkan diri berjalan-jalan sebentar di lokasi kebakaran suku Baduy luar itu.

Sejumlah tenda dari pemerintah setempat sudah berdiri dan menjadi tempat tinggal darurat bagi warga Kampung Baduy.

Beberapa bantuan juga dikumpulkan di salah satu tenda. Untuk sementara, para penduduk Kampung Baduy mengandalkan hunian sementara itu.

Beberapa penduduk juga telah mulai membangun kembali rumah mereka. Mereka mengangkut kayu-kayu dari hutan dan memasangnya di bekas-bekas kebakaran.

Posko bantuan juga didirikan di depan pintu masuk hutan. Sejumlah bantuan dikumpulkan di posko itu sebelum diantarkan langsung ke dalam perkampungan Baduy. Jaraknya tak begitu jauh. Hanya menghabiskan waktu 5 menit berjalan kaki melintasi pepohonan.

Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija sangat berterima kasih dengan kehadiran rombongan Bobats.

Menurutnya, bantuan itu sangat berarti bagi masyarakat Baduy. Apalagi rombongan sudah rela jauh-jauh datang dari Kota Bogor.

Ia pun dengan senang hati mengantarkan para rombongan Bobats di lokasi kebakaran tersebut.

“Mudah-mudahan bantuan ini akan sangat bermanfaat. Kami hanya bisa mendoakan agar rejekinya berlipat ganda. Terima kasih sudah mau datang,” tandasnya. (mam)

Editor : Yosep