Beranda Berita Utama Gelombang Setinggi 4 Meter Mengancam, BMKG Minta Masyarakat Jauhi Pantai

Gelombang Setinggi 4 Meter Mengancam, BMKG Minta Masyarakat Jauhi Pantai

Gelombang Tinggi
Ilustrasi Gelombang Air Laut

JAKARTA-RADAR BOGOR, BMKG meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas sekitar area pesisir atau pantai agar waspada gelombang tinggi sekitar 2,5 – 4 meter.

Beradar Kabar Gelombang Panas Landa Indonesia, BMKG Minta Masyarakat Tidak Panik

Demikian pula, aktivitas pelayaran dapat mewaspadai potensi gelombang tinggi di area perairan tersebut.

universitas pakuan unpak bogor

Gelombang tinggi tersebut berpotensi di sejumlah area perairan, yaitu Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat, dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Gelombang tinggi Juga diperkirakan bakal terjadi di Perairan Barat Enggano – Lampung, dan Samudra Hindia Barat Mentawai hingga Lampung.

Sementara itu, sejumlah wilayah di tanah air diprediksi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Rabu (20/10/2021), cuaca hujan lebat berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, dan Jambi.

Juga di Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mawas diri akan potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sejumlah daerah, yakni Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Kondisi cuaca serupa juga perlu diwaspadai di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat. (dra/fajar)