Beranda Berita Utama Marak Penggerebekan oleh Polisi, Perusahaan Pinjol Terapkan WFH

Marak Penggerebekan oleh Polisi, Perusahaan Pinjol Terapkan WFH

perusahaan pinjol
Polisi menggerebek salah satu perusahaan pinjol di Rukan Crown, Green Lake City, Tangerang, Banten, Kamis (14/10/2021). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kepolisian saat ini tengah gencar menertibkan perusahaan pinjol (Pinjaman online) ilegal.

Soal Pinjol, Hotman Paris: Hati-Hati IMEI Handphone mu!

Maraknya aksi penggerebekan oleh aparat penegak hukum tersebut, membuat perusahaan pinjol menerapkan Work From Home (WFH) kepada karyawannya.

bank mandiri livin

Salah satunya perusahaan pinjol PT ANT Information Consulting. Polda Metro Jaya menduga perusahaan pinjol illegal itu telah mengantisipasi lokasinya akan digerebek oleh polisi sehingga menerapkan WFH kepada karyawannya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan, dugaan tersebut muncul karena saat penggerebekan hanya sedikit karyawan perusahaan pinjol yang berada di dalam kantor. Mereka pun mengakui telah diterapkan WFH.

“Saya bertanya ke supervisor kapan mereka melangsungkan WFH katanya hari ini. Jadi menurut saya karena kemarin kita melakukan penggerebekan di beberapa tempat makanya mereka memutuskan untuk WFH,” kata Aulia kepada wartawan, Selasa (19/10/2021).

Selain itu, Aulia mengatakan, petugas menemukan adanya percakapan antar karyawan yang menyuruh untuk menyamarkan perusahaan pinjol ini menjadi perusahaan ekspedisi.

“Tadi juga kita sempat melihat ada WhatsApp dari salah satu rekannya mengatakan bahwa tidak apa-apa nanti akan kita koordinasi sampaikan saja bahwa kita ini adalah perusahaan ekspedisi seperti itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya kembali menemukan lokasi yang dijadikan sebagai kantor perusahaan pinjol ilegal. Kali ini ditemukan di sebuah ruko di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Hari ini kita berhasil lagi menemukan salah satu tempat di mana yang sekarang kita dengar pinjaman online,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis di lokasi, Senin (18/10/2021).

Lokasi yang digerebek berada di Ruko Bukit Gading Indah, Blok H nomor 26-27, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kantor tersebut bernama PT ANT Information Consulting.

Total ada empat orang yang diamankan petugas. Mereka berstatus sebagai pegawai dari kantor itu.

“Ada dua tugasnya sebagai supervisor telemarketing dan satunya ada supervisor sebagai depcolector kemudian ada satu bagian umum dan satu bagian collecting,” jelas Aulia. (jpg/fajar)

bank mandiri kopra