25 radar bogor

RS Azra Ingatkan Waspada ISPA pada Anak

RS Azra Ingatkan Waspada ISPA pada Anak
RS Azra Ingatkan Waspada ISPA pada Anak

RADAR BOGOR, RS Azra kembali menggelar Health Talk di instagram live dan youtube live bertema Infeksi Saluran penafasan Akut (ISPA) pada Anak.

Perbanyak Pos Singgah di Perbatasan, Kapolresta Susatyo: Ciptakan Situasi Kondusif

Menghadirkan dokter spesialis kesehatan anak dr. Satyawati, Sp.A, healty talk kali ini membahas infeksi akut yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah.

Virus, jamur dan bakteri merupakan penyebab dari infeksi ini. Secara garis besar, ISPA dibedakan menjadi common cold. Dimana pemicunya adalah virus rhinovirus, respiratory syncytial virus, adenovirus.

Dan influenza yang dipicu oleh virus influenza dengan berbagai tipe. ISPA dapat menyerang anak apabila ketahanan tubuh (immunologi) menurun.

Biasanya, menyerang anak di bawah lima tahun. Serta kelompok yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rentan terhadap berbagai penyakit.

Pada musim pancaroba sering mengalami batuk pilek terutama pada anak-anak, bahkan terkadang sampai mengalami diare, demam berdarah, dan demam thypoid. Kata Satyawati, ISPA dibagi menjadi dua bagian.

Yaitu bagian atas dan bawah. Bagian atas meliputi rhiniti, radang pada lapisan mulkosa dalam hidung), sinusitis (radang pada rongga sinus), telinga tengah, faringitis (radang tenggorokan) dan laringitis (radang pada area sekitar pita suara).

Sedangkan bagian bawah meliputi trakea sampai dengan paru-paru.

“ISPA mengapa disebut Akut? Karena biasanya berlangsung selama kurang dari 14 hari, jika berlangsungnya lebih dari 14 hari disebut dengan kronis,” katanya.

Saat musim hujan seperti ini, katanya, anak-anak akan sering mengalami alergi disaluran pernafasan. Daya tahan tubuh yang dimiliki anak-anak, tidak seperti daya tahan tubuh orang dewasa.

Katanya, anak-anak akan lebih rentan menerima virus.
Terlebih, jika anggota keluarga dirumah sudah terinfeksi atau menderita flu atau batuk, penularan akan melalui droplet yang ada.

Menurut Satyawati, ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk anak. Pertama, pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup.

Agar daya tahan tubuh anak tetap optimal. Perhatikan asupan gizi anak, jauhi anak dari paparan asap rokok dan debu.

“Vaksin influenza juga dapat mencegah terserangnya flu pada anak. Vaksin influenza dapat diberikan setiap setahun sekali dan dapat diberikan kepada anak usia mulai dari 6 bulan,” tambah Satyawati.

Acara ini ditonton sekitar 128 viewers yang sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan pada topik ini . Terlihat ketika sesi tanya jawab dibuka oleh moderator, banyak sekali viewers yang mengajukan pertanyaan.

dr. Satyawati, Sp.A berpraktik di RS Azra pada hari Senin s/d Sabtu :09.00 – 13.00 WIB. Jadwal Poli Vaksin dr. Satyawati, Sp.A pada hari Selasa s/d Sabtu : 11.30 – 13.00 WIB.

Editor: Rany