25 radar bogor

Pemkab Bogor Tolak Rencana Pemprov Terkait Rindu Alam

AKAN DIBONGKAR: Rumah Makan Rindu Alam di kawasan Puncak akan dibongkar pada Desember mendatang.
AKAN DIBONGKAR: Rumah Makan Rindu Alam di kawasan Puncak akan dibongkar pada Desember mendatang.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor keberatan atas rencana Pemprov Jawa Barat, terkait fungsi eks Restoran Rindu Alam, Puncak, Bogor.

Catat, Vaksinasi di Pakansari Berubah Hari

Pasalnya, Pemprov akan kembali menghidupkan kawasan tersebut dalam upaya pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

“Waktu tidak diperpanjang masa pakainya untuk restoran, kan katanya mau dijadikan kawasan konservasi. Kalau untuk tetap jadi kawasan wisata biasa, di Puncak sudah banyak,” tegas Bupati Bogor, Ade Yasin.

Lebih lanjut, ia menambahkan, kalau dikembalikan sebagai kawasan konservasi, akan lebih memiliki banyak manfaat dalam upaya pengendalian banjir.

“Saya sih mendukung dikelola lagi oleh Pemprov Jabar karena itu kan memang aset mereka. Tapi kembalikan saja sebagai fungsinya,” tutupnya.

Senada, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto menyebut, lahan eks restoran Rindu Alam Puncak merupakan kawasan resapan air. Karena, seharusnya menjadi sebuah konservasi.

“Secara rata ruang, wilayah tersebut berada pada peruntukan ruang perkebunan dan masuk ke dalam kawasan resapan air serta perlindungan setempat,” kata Suryanto, kepada wartawan Senin (18/10/).

Dirinya melihat, jika lahan tidak sesuai dengan pemanfaatan, khawatir akan menimbulkan masalah.

“Jadi kawasan tersebut akan lebih baik jika menjadi lahan terbuka hijau dalam rangka fungsi konservasi air dan tanahnya,” tegasnya. (Abi)

Editor: Rany