25 radar bogor

Heboh, Bogor Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia. Di Sini Lokasinya!

Jembatan Gantung
Eiger akan membangun jembatan gantung terpanjang di dunia di kawasan Ekowisata bernama Eiger Adventure land di Megamendung.

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Tahun 2023, Bogor bakal memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia 530 meter, mengalahkan Jembatan Arouca, di Portugal sepanjang 516 meter.

Suhu di Puncak dan Sekitarnya Terasa Lebih Panas, Ini Penjelasan BMKG

Lokasinya jembatan gantung itu berada di Kampung Lembah Neundet, Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor atau di bawah kaki Gunung Pangrango.

Jembatan gantung tersebut merupakan bagian dari kawasan ekowisata Eiger Adventure land yang akan dibangun oleh PT Eigerindo Multi Produksi atau dikenal dengan Eiger.

Rencananya, kawasan ekowisata Eiger Adventure Land ini akan dibuka untuk umum pada awal 2023 mendatang.

Chairman PT EIGERINDO MPI, Ronny Lukito menuturkan, Sejak 2015 Eiger memposisikan diri sebagai brand yang berfokus pada tropical adventure atau petualangan iklim tropis.

Dengan adanya kawasan ekowisata Eifer Advanture Land, bisa memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi konsumen.

“Jadi, tidak hanya menyediakan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan dalam berkegiatan luar ruang di iklim tropis, namun juga memberikan pengalaman berkegiatan secara langsung,” katanya saat ditemui Radar Bogor Minggu (17/10/2021).

Adapun misi dari Eiger Adventure Land ini, untuk membangun pariwisata alam berstandar internasional yang berkontribusi dalam pelestarian alam. Juga mendukung upaya pelestarian budaya, meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, meningkatkan daya tarik Taman Nasional di Indonesia, khususnya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

“Tentunya mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini sejalan dengan 7 aspek utama yang akan menjadi fokus pengembangan Eiger Adventure Land yaitu aspek Ekologi, Etnologi, Ekonomi, Edukasi, Estetika, Etika dan Entertainment,”paparnya.

Untuk area Eiger Adventure Land ini berada di lahan seluas 325.89 Ha. Terdiri dari lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik PTPN VIII seluas 72.23 ha melalui skema Perjanjian Kerjasama (PKS), dan Zona Pemanfaatan Barubolang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango seluas 253.66 Ha melalui Perizinan Berusaha Pengusahaan Sarana Jasa Lingkungan Wisata Alam pada kawasan konservasi (PB- PSWA), tutup Ronny.

Eiger Adventure Land juga akan menghadirkan beberapa iconic landmark seperti cable car sepanjang 863ml meter, suspension bridge sepanjang 530 meter dan juga berbagai fasilitas yang menitik beratkan kepada kegiatan tropical adventure seperti forest adventure, cultural walk, adventure playground, traditional village, tempat penginapan bernuansa alam, welness and sanctuary, hiking, camping, overlanding, dan kegiatan alam lainnya.

“Selain cable car sepanjang 863m, salah satu iconic landmark lainnya yang menarik adalah suspension bridge sepanjang 530m yang harapannya akan menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia,” paparnya.

Sementara itu Direktur, Eiger Adventure Land, Imanuel Wirajaya, mengatakan, nantinya, ekowisata alam di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango lah yang akan menjadi daya tarik utama dari area wisata alam ini.

Eiger bertekad untuk menjaga alam tersebut dengan mengelola sebaik mungkin serta melestarikannya sebagaimana tertuang dalam Rencana Pengusahaan Sarana Jasa Lingkungan Wisata Alam (RPSWA). Berupa pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam dan ekosistem.

Langkah-langkah dalam pelestarian lingkungan pun sudah dilakukan sejak awal proses pengembangan kawasan, diantaranya dengan melakukan inventarisasi flora dan fauna untuk melihat rona awal kondisi flora dan fauna sebelum pembangunan sarana prasarana wisata alam, serta penanaman pohon endemic di area perbatasan agar kawasan tersebut semakin rindang ketika kawasan mulai dibuka untuk umum.

“Besar harapan kami ekowisata alam ini dapat meningkatkan potensi wisata alam Indonesia, khususnya Jawa Barat, baik dari kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kami juga berharap, kawasan ini dapat menjadi inspirasi dalam pengelolaan objek wisata yang selaras dengan pelesatarian alam, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi baik dari skala lokal maupun regional, dan harapannya bisa menjadi salah satu icon nasional untuk destinasi wisata berbasis alam di Indonesia.” tutup Imanuel.

Sementara itu sebagai bentuk pengesahan pengerjaan Eiger adventure land, pada Minggu (17/10/ 2021) dilaksanakan kegiatan peletakan batu pertama yang disertai dengan kegiatan bakti sosial berupa vaksinasi dan pembagian sembako kepada masyarakat sekitar.

Acara ini turut dihadiri Ronny Lukito, Chairman PT Eigerindo MPI, Imanuel Wirajaya, Direktur EIGER ADVENTURE LAND, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Wakil Menteri Pertahanan, Lorkopimda Jawa Barat (Gubernur, Pangdam III/Slw dan Kapolda Jabar), Danrem 061/Sk, Forkopimda Kab Bogor (Bupati Kab. Bogor, Dandim 0621/Kab Bogor, Kapolres Bogor dan beberapa petinggi negara lainnya beserta dengan para tokoh dan masyarakat sekitar. (all)

Editor : Yosep