Beranda Metropolis Angin Kencang Terjang Bogor, Pohon Tumbang Timpa Mobil

Angin Kencang Terjang Bogor, Pohon Tumbang Timpa Mobil

Angin kencang
Salah satu kendaraan tertimpa pohon usai diterjang hujan disertai angin kencang, Minggu (17/10/2021) sore.

BOGOR-RADAR BOGOR, Angin kencang disertai hujan deras kembali menyebabkan pohon tumbang dan menimpa sebuah mobil di sejumlah ruas jalan di Kota Bogor, Minggu (17/10/2021) sore.

Pohon Tumbang di Yasmin Sebabkan Kemacetan Parah

Pertama, pohon tumbang menimpa mobil terjadi di Jalan Pandu Raya, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor persis di depan Kantor Bank Bjb.

pmb universitas nusa bangsa bogor

Kedua pohon tumbang juga menimpa mobil jenis Toyota Rush tertimpa pohon dan pohon menghalangi satu lanjur jalan.

Informasi yang dihimpun, pohon tumbang terjadi juga di Jalan Raya Bogor-Jakarta. Untuk menangani ini tim Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor terjun ke semua titik.

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky mengatakan, dari laporan yang masuk ke pihaknya ada tiga titik pohon tumbang, yaitu Jalan Pandu Raya, Jalan Bubulak dan Jalan Abdullah bin Nuh Yasmin.

“Untuk daerah Yasmin tepatnya pas didepan Giant dengan pohon yang cukup besar.,” katanya.

Padahal, Sabtu (16/10/2021) malam dirinya telah melakukan intervensi bagi pohon yang berada di ruas jalan Abdullah bin Nuh Yasmin.

“Tetapi penyebab hari ini tumbang adalah angin kencang,” ungkap Irfan Minggu (17/10/2021) sore.

Irfan melanjutkan, sebetulnya untuk di jalan Abdullah bin Nuh itu merupakan kewenangan pemerintah pusat, sehingga pemeliharaan yang dilakukan juga berasal dari pusat, namun Kota Bogor membantu untuk pemangkasannya.

“Alhamdulillah untuk titik di jalan Bubulak sudah dibereskan oleh tim, tinggal di jalan Yasmin akan dievakuasi, tim tengah mengambil alat bersama BPBD Kota Bogor,” katanya.

“Dan jalan Pandu Raya juga sudah ada tim. Di Yasmin yang tumbang pohon sengon dua pohon, Bubulak pohon Asem, Di Jalan Pandu Raya pohon jenisnya antara Ketapang atau biola cantik,” tuturnya.

Irfan menjelaskan, untuk personil yang diterjunkan, tentunya personil yang terdekat dari lokasi kejadian di tiga titik.

Ada enam orang menangani tiga titik, di setiap lokasi disiagakan satu orang. Tentunya penanganan dengan menggunakan alat-alat, dengan keterbatasan personil, dibantu BPBD Kota Bogor.

“Untuk alat yang utama dibutuhkan adalah chainsaw saja, tapi untuk di Bubulak perlu Crane alat berat. Untuk Yasmin memang ada mobil tertimpa pohon, tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang dibeberapa titik ini,” jelasnya.

Irfan menerangkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat di media sosialisasi (medsos) ataupun melalui aparatur wilayah untuk tetap waspada apabila terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang.

“Apabila melintas jalan yang ada pohon-pohonnya saat hujan deras di sertai angin kencang harus berhati-hati. Meski begitu kami tetap melakukan deteksi dan pruning untuk mengantisipasi kejadian pohon tumbang,” pungkasnya.(ded)