25 radar bogor

Kronologi Tragedi Susur Sungai yang Makan 11 Siswa MTs

Tim gabungan mengevakuasi jenazah pelajar MTs Harapan Baru Kabupaten Ciamis. (Iman SR / Radar Tasikmalaya)
Tim gabungan mengevakuasi jenazah pelajar MTs Harapan Baru Kabupaten Ciamis. (Iman SR / Radar Tasikmalaya)

RADAR BOGOR, 11 Siswa MTs Harapan Baru, Kecamatan Cijantung, Kabupaten Ciamis, tewas karena tenggelam di Sungai Cileueur saat melakukan susur sungai dan kegiatan pramuka.

21 Siswa MTs Peserta Susur Sungai di Ciamis Ditemukan, 11 Tewas

Berdasarkan data Basarnas, total terdapat 21 siswa yang tenggelam. Dan 10 diantaranya dinyatakan selamat. Kepala Desa Utama, Aep Jam’an mengatakan, kecelakaan bermula saat ada siswa yang terpeleset.

Siswa tersebut berpegangan ke siswa yang lainnya, sehingga menyebabkan belasan siswa tenggelam ke sungai. “Siswa yang lain ikut terbawa ke dalam arus sungai,” kata Aep, seperti diberitakan Radar Cirebon (Jawa Pos Group), Sabtu (16/10).

Aep menyebut, di lokasi sungai tersebut terkenal rawan karena memiliki pusaran air yang menjurus ke dalam. Yang memprihatinkan, diduga penanggung jawab acara tidak mengetahui adanya siswa yang tenggelam, sampai pukul 17.00 WIB ditemukan 1 siswa yang sudah meninggal.

Di lain pihak, Pengurus Pesantren Cijantung Rifai mengungkapkan, pihaknya tidak mengetahui ada kegiatan susur sungai. Rifai menyatakan, pihak Mts Harapan Baru tidak memberikan informasi dan meminta izin pada Pesantren Cijantung terkait kegiatan tersebut.

Kepala Kantor Basarnas Bandung Deden Ridwansah mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi korban selamat maupun meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Bandung, kegiatan itu melibatkan 150 siswa untuk kegiatan menyusuri sungai di Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis. (JPC)