25 radar bogor

Dua Alumni IPB University Berbagi Kiat Sukses Dalam Berbisnis

IPB University
IPB University

DRAMAGA – RADAR BOGOR, IPB University tak pernah kehabisan mencetak orang-orang menginspirasi. Seperti dua orang alumni yang berhasil mengembangkan bisnis hingga ke mancanegara.

Petani Ciampea Ikuti Pelatihan Manfaatkan Limbah Domestik ala IPB

Maulana Ishak (angkatan 43) dan Suaedi Sunanto (angakatan 28) berkesempatan membagikan cerita suksesnya dalam Virtual Press Tour “Berselancar Menengok Bisnis Alumni IPB University” yang diselenggarakan pada Kamis (14/10/2021).

Dimulai dari pemaparan Maulana Ishak yang berhasil berbisnis produk perhiasan berbahan mutiara yang ia geluti sejak 2019 lalu di Lombok, NTB.

“Lombok Paradise adalah brand mutiara yang memiliki galeri dan platform digital yang telah memiliki 10 ribu reseller di Indonesia,” ungkap Founder Lombok Paradise itu.

Di bawah PT Nusantara Multi Jaya, Lombok Paradise mendukung usaha kecil lokal untuk memperluas pasar produk perhiasan mutiara berkualitas yang dibuat langsung oleh tangan-tangan kreatif di Lombok.

Ishak mengaku telah memiliki beberapa galeri yang utamanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Selain itu juga Lombok Paradise memiliki mini galeri yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Kediri dan Tasikmalaya.

“Mutiara Lombok Paradise telah dijual di berbagai belahan dunia seperti Australia, Uni Eropa, Singapura, Malaysia, Brunai, Uni Emirat Arab,” terang Sarjana Perikanan dan Manajemen Sumberdaya Perairan itu.

Tak kalah menginspirasi, Alumni IPB University lainnya Suaedi Sunanto merupakan CEO PT. Nutricel Pacific yang berhasil mengembangkan pakan hewan kesayangan melalui jejaring pet shop di seluruh Indonesia.

Hingga kini bisnisnya mulai merambah ke Singapura dan Vietnam. Bahkan berkat keuletan dan keseriusannya kini telah menembus pasar Amerika Serikat.

“Kesuksesan adalah milik bagi siapapun yang bekerja keras dan menemukan kesempatan di balik masalah,” kata pria kelahiran 28 Februari 1973 itu.(cok)

Editor : Yosep