25 radar bogor

Antisipasi Tumpang Tindih Tanah, BPN Pasang Patok di Bogor Timur

BPN pasang Patok Tanah
BPN memasang patok tanda kesejumlah wilayah di Bogor Timur.

SUKAMAKMUR – RADAR BOGOR, Badan Pertanahan Nasional atau BPN memasang patok tanda wilayah bidang tanah dalam rangka persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) kesejumlah wilayah, salah satunya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

BPNT Bisa Diganti Tunai, Penyaluran Maksimal Minggu Kedua Oktober

Kepala Kantor (Kakan) Perwakilan Pertanahan Kabupaten Bogor, Andi Sugandi menjelaskan, saat ini BPN sedang melakukan patok di tujuh Kecamatan, Kabupaten Bogor, Wilayah Bogor Timur.

“Dari 600 ribu warga, saat ini hanya 43 persen yang sudah melakukan sertifikat hak tanah, dikarenakan 280 ribu warga sudah memiliki sersertifikat, dan sisanya 320 warga lagi.” Kata Andi kepada Radar Bogor, Jumat (15/10/2021).

Andi Sugandi menambahkan, program PTSL harus diselesaikan dari Kementrian Pertanahan dan ditargetkan hingga tahun 2025 mendatang.

“Ini salah satu tugas saya sebagai Kepala Kantor Pertanahan BPN Wilayah Timur untuk menyelesaikan tugas agar sertifikat tanah warga terselesaikan dalam program PTSL. Namun dari 7 Kecamatan di wilayah Bogor Timur harus segera selesai dalam kurun waktu 2024,” tambahnya.

Untuk antisipasi banyaknya tumpang tindih kepemilikan surat hak atas tanah yang berada di 7 Kecamatan Wilayah Bogor Timur, BPN akan akan melakukan pengecekan bidang tanah disetiap desa.

“Kita upayakan dalam sehari 150 sertifikat di satu desa dan itu harus dimaksimalkan agar cepat selesai dan juga tepat sasaran, serta mengupayakan meminimalisir adanya tunpang tindih kedepan nanti,” lanjutnya.

Salah seorang warga Desa Wargajaya, Sumardi mengungkapkan, akan menyambut baik adanya program PTSL yang digelar Kentor perwakilan BPN Kabupaten Bogor.

“Tentu saya mendukung adanya program PTSL ini, agar tanah saya dan warga disini dibuatkan sertifikat,”pungkasnya. (cr)

Editor : Yosep