25 radar bogor

Ade Yasin Cek Samisade di Rancabungur, Warga Hibahkan Tanahnya

Kunjungan kerja Ada Yasin ke Rancabungur
Bupati Bogor, Ade Yasin saat kunjungan kerja di Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jumat (15/2021). Foto : Hendi Novian / Radar Bogor

RANCABUNGUR – RADAR BOGOR, Bupati Bogor Ade Yasin melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Rancabungur Jum’at, (15/10/2021).

Didukung Dua Periode, Ade Yasin Masih Malu-Malu

Menurutnya, program bantuan keuangan infrastruktur Satu Desa Satu Miliar (Samisade) di Rancabungur hampir semua terealisasi.

“Di sini (Rancabungur) sudah hampir semuanya terealisasi, hanya mungkin tinggal pembayaran dan sisa-sisa sedikit yang diselesaikan sampai akhir bulan ini,” ungkap Ade Yasin dalam kunjungannya.

Untuk tahap pertama, kata Ade Yasin, pelaksanaan pembangunan samisade telah selesai. Hanya tinggal pencairan anggaran untuk tahap ke dua.

Sementara untuk desa yang masuk dalam perubahan anggaran, pihaknya telah perintahkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk segera mengeluarkan anggaran yang tertunda sebesar Rp66 miliar untuk program samisade.

“Saya kira semua sudah terlihat hasilnya, mudah-mudahan banyak manfaatnya untuk masyarakat,” harap Ade Yasin.

Diketahui, orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman itu mengunjungi tiga desa di Rancabungur yakni Desa Bantarsari, Bantarjaya dan Desa Pasirgaok.

Dirinya juga berkesempatan melakukan penyerahan akta hibah tanah dari masyarakat untuk pembangunan samisade.

Kepala Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur Lukmanul Hakim menjelaskan, partisipasi masyarakat merupakan hal yang paling penting dalam program samisade. Dengan warganya yang rela menghibahkan tanahnya di tengah situasi sulit, tentu akan memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat.

“Kita perlu ada pendekatan persuasif, kalau kemudian kita bahasanya dimengerti oleh warga, perilaku kita mencerminkan apa yang mereka harapkan, dengan sangat mudah kita komunikasikan,” jelas Lukman.

Pihaknya pun memiliki program podcast sebagai media penyaluran informasi kepada warganya yang dinilai efektif di era digital saat ini.

Patut diinformasikan, sebanyak 4330 meter tanah yang dihibahkan warga Desa Bantarsari, Rancabungur untuk kelancaran program samisade.(cok)

Editor: Yosep